Tim Gabungan TNI-Polri Tembak Mati 2 Anggota KKB saat Kontak Senjata di Intan Jaya

Nathan Making, Antara ยท Minggu, 26 Januari 2020 - 21:30:00 WIB
Tim Gabungan TNI-Polri Tembak Mati 2 Anggota KKB saat Kontak Senjata di Intan Jaya
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw memberikan keterangan kepada wartawan terkait penembakan iring-iringan bus PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (13/1/2020). (Foto: iNews/Nathan Making)

JAYAPURA, iNews.id  - Dua anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) tewas dalam kontak tembak dengan tim gabungan TNI/Polri di Kampung Jupara, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Minggu (26/1/2020).

Sebelumnya pada hari Selasa (14/1/2020) juga terjadi kontak senjata di Kampung Titigi, Distrik Agisiga. Dilaporkan satu anggota KKB tewas tertembak.

“Memang benar ada laporan tentang terjadinya kontak tembak di Kabupaten Intan Jaya, Minggu (26/1/2020), hingga menewaskan dua anggota KKB," kata Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw.

BACA JUGA: Kontak Senjata dengan Polisi, Satu Anggota KKB di Jayawijaya Tewas 

Walaupun terjadi kontak tembak di Kabupaten Intan Jaya, dia menyatakan secara keseluruhan situasi di wilayah itu relatif kondusif. "Anggota diminta untuk selalu waspada," kata Irjen Pol Waterpauw.

Sebelumnya, dua prajurit TNI luka parah saat terjadi kontak tembak antara aparat keamanan dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di sekitar Kampung Kolapa dan Kampung Wabui, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Selasa (17/12/2019). Kedua prajurit TNI itu yakni, Lettu Inf Reski Sidabutar dan Serda Rizky.

Polda Papua mencatat ada 23 kejadian kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang terjadi di Polres Puncak Jaya, Jayawijaya, Mimika dan Polres Paniai selama tahun 2019. Dalam peristiwa itu, 10 anggota TNI-Polri gugur dan 10 warga sipil tewas akibat diserang KKB.


Editor : Kastolani Marzuki