Polda Papua Sebut KKB Egianus Kogoya Pelaku Penembakan Brimob di Nduga

Edy Siswanto, Antara ยท Sabtu, 11 Januari 2020 - 17:40 WIB
Polda Papua Sebut KKB Egianus Kogoya Pelaku Penembakan Brimob di Nduga
Brimob di Papua (dok iNews.id)

JAYAPURA, iNews.idPolda Papua menyebut, pelaku penembakan anggota Brimob di Pos Kenyam, Nduga, Papua adalah kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. Brimob sempat melakukan pengejaran usai terjadinya kontak tembak.

"Dilakukan pengejaran terhadap para pelaku. Dugaan kami Egianus Kogoya dalang dibalik aksi ini," ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal, Sabtu (11/1/2020).

Sebelumnya, Kamal menjelaskan kronologi penembakan yang melukai anggota Brimob Bharatu Luki Darmadi itu. Korban tertembak saat hendak membuang sampah di lokasi yang berjarak sekitar 50 meter dari Pos Brimob yang berada di wilayah tersebut.

Sebelum terjadi penembakan, anggota Brimob di pos tersebut sedang melakukan kegiatan bersih-bersih (kurvey) di sekitar pos. Saat korban hendak membuang sampah, terdengar rentetan senjata dari arah sebelah kanan pos.

"Pada saat terdengar bunyi tembakan dan mengenai korban Bharatu Luki Darmadi langsung berteriak ke arah pos berkata, 'saya terkena tembak di paha'. Selanjutnya korban terjatuh dan merayap ke samping selokan bandara dan mengambil posisi perlindungan di mesin molen," kata Kamal.

Selanjutnya, korban terjatuh dan merayap ke samping selokan bandara dan mengambil posisi perlindungan di mesin molen.

"Mendengar rentetan tembakan itu, anggota lain langsung membalas tembakan ke arah bunyi tembakan, hingga kontak tembak tidak terelakkan," ujar Kamal.

Kamal mengatakan, korban telah dievakuasi ke Timika, Mimika, Papua untuk mendapat penanganan medis.


Editor : Reza Yunanto