Tenaga Medis Gugur akibat Covid-19, 132 Nakes RSCM Lombok Tengah Di-swab Massal

Ema Widiawati ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 18:30 WIB
Tenaga Medis Gugur akibat Covid-19, 132 Nakes RSCM Lombok Tengah Di-swab Massal
Sebanyak 132 tenaga kesehatan RSCM Praya Lombok Tengah menjalani tes swab massal. (Foto: iNews/Ema Widiawati)

PRAYA, iNews.id - Sebanyak 132 tenaga kesehatan (nakes) Rumah Sakit Cahaya Medika (RSCM), Praya, Lombok Tengah diswab massal, Selasa (28/7/2020). Swab massal itu dilakukan setelah seorang tenaga medis di rumah sakit itu gugur akibat positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

Berdasarkan data dari RSCM, 132 nakes yang diswab terdiri atas 13 perawat IGD, lima perawat poli, dan lima dokter. Sementara sisanya karyawan rumah sakit.

Komite PPI RSCM Praya, Muhamad Amin Nasir mengatakan, swab massal terhadp 132 nakes itu untuk menjamin RSCM benar-benar steril dan bebas dari virus saat kembali membuka pelayanan.

“Hasil swab ditargetkan selesai lima hari dengan jadwal 30 hari per orang. Sebelum swab massal, RSCM juga sudah mengambil langkah dengan sterilisasi di area rumah sakit,” katanya.

Terkait rencana dibukanya kembali pelayanan RSCM, Amin mengaku hingga saat ini belum bisa dipastikan lantaran harus menunggu hasil swab yang ditargetkan selesai sekitar 5 hari dengan jadwal 30 orang per hari.

“Berdasarkan instruksi tim gugus pengendalian Covid-19, saat ini RSCM dalam keadaan kosong dan sudah tidak menerima pelayanan dari tanggal 26 Juli lalu menyusul adanya tenaga medis dari RSCM yang meninggal akibat positif Covid-19,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki