Temuan 43 Kilogram Kokain di Anambas, Bareskrim Polri Bantu Cari Pelakunya 

Puteranegara Batubara · Rabu, 06 Juli 2022 - 12:03:00 WIB
Temuan 43 Kilogram Kokain di Anambas, Bareskrim Polri Bantu Cari Pelakunya 
Penemuan 43 kilogram kokain di perairan Anambas beberapa waktu lalu. (Foto: dok iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri mengerahkan tim terkait temuan 43 kilogram kokain di perairan Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau. Tim akan membantu penyelidikan yang dilakukan kepolisian setempat.

"Saya sudah dilaporkan oleh Direktur Reserse Narkoba Polda Kepri tentang penemuan kokain tersebut dan saya sudah kirim tim asistensi dari Dit Tipidnarkoba Bareskrim untuk membantu mencari pelakunya," kata Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Siregar saat di Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Krisno mengungkapkan, paket kokain tersebut diduga dibuang oleh jaringan tertentu. Modus itu tak hanya ditemukan di Indonesia namun juga di beberapa negara lain.

Polisi belum dapat memastikan jaringan yang terlibat dalam pembuangan 43 Kg kokain tersebut. Penyelidikan, kata Krisno, masih berlangsung sehingga memerlukan waktu.

"Analisa kami bahwa wilayah laut Indonesia telah dijadikan sebagai lintasan bagi kapal pengangkut kokain dari source country dan membuangnya di perairan Indonesia kemudian diambil oleh kapal penjemput. Kemungkinan untuk dibawa ke negara tujuan," ujar Krisno.

Sebelumnya, jajaran Polres Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, menyita narkotika jenis kokain, Jumat (1/7/2022) malam. Barang yang belum diketahui pemiliknya tersebut diduga terbawa arus dan hanyut memasuki perairan Kepulauan Anambas.

Kapolres Kepulauan Anambas AKBP Syafrudin Semidang Sakti mengatakan, awalnya seorang warga yang mencari barang bekas di Pantai Tunjuk, Kecamatan Jemaja melihat bungkusan plastik besar berwarna hitam. Dia melapor ke Babinsa Jemaja.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: