Tembok Lapas Sukamara Sepanjang 192 Meter Roboh, Begini Penampakannya

Sigit Dzakwan Pamungkas · Kamis, 08 April 2021 - 07:49:00 WIB
Tembok Lapas Sukamara Sepanjang 192 Meter Roboh, Begini Penampakannya
Tembok Lapas Sukamara Sepanjang 192 Meter Roboh, Begini Penampakannya (Foto: iNews/Sigit Dzakwan Pamungkas)

SUKAMARA, iNews.id - Tembok pembatas Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kelas III Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah (Kalteng) roboh. Terpantau ada empat titik tembok dengan ketinggian enam meter dengan total panjang yang roboh sekitar 192 meter.

Lapas ini diketahui dibangun tahun 2017. Diduga konstruksinya tak sesuai standar spesifikasi bangunan. Hal ini otomatis membuat kerja ekstra para sipir lapas untuk menjaga para narapidana dan tahanan di dalamnya. Dari pantauan udara terlihat, tembok yang mengelili lapas roboh. 

Kalapas Kelas III Sukamara, Joko Prayitno mengatakan, robohnya tembok tersebut berlangsung secara bertahap selama empat tahun berturut-turut. 

Pertama kali roboh pada 2017 silam di sisi bagian kanan depan dengan panjang sekitar 42 meter. Kemudian tahun 2018-2019 kembali roboh di bagian kanan tengah sepanjang 60 meter dan bagian kiri paling bekalang 50 meter. 

Selanjutnya pada Maret 2021 kembali roboh di bagian kanan paling belakang 40 meter. Sehingga total ada 192 meter yang roboh.

Joko menuturkan, dia baru bertugas di lapas sukamara sekitar 3-4 bulan. Namun, dia sempat melihat langsung tembok yang roboh terakhir pada sekitar akhir maret 2021 di bagian kanan paling belakang sekitar panjang 40 meter.

"Sudah hampir empat tahun kita tidak memiliki tembok yang SPO yang bagus dengan kondisi roboh," ucapnya.

Dia mengaku pengamanan saat ini harus semakin ketat karena ketiadaan tembok pembatas. Beruntung karena ini lapas baru saat ini baru ada sekitar 42 napi dan tahanan yang menghuni satu blok di dalam lapas.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2