Siaga Virus Korona, Pemprov Banten Luncurkan Situs Infocorona

Nani Suherni ยท Rabu, 18 Maret 2020 - 13:46 WIB
Siaga Virus Korona, Pemprov Banten Luncurkan Situs Infocorona
Imbauan Pemprov Banten kepada warga untuk pencegahan virus korona. (Foto: Pemprov Banten)

BANTEN, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi wabah virus korona atau Covid-19. Salah satunya meluncurkan situs infocorona di https://infocorona.bantenprov.go.id/.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, peluncuran situs ini bertujuan untuk mencegah kesimpangsiuran informasi mengenai kesiapsiagaan virus korona di Provinsi Banten. Di situs ini, pengunjung bisa mendapatkan informasi dan data terkait perkembangan Covid-19 di Provinsi Banten.

"Mulai dari data Orang Dalam Pemantauan (ODP), data Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan data kasus terkonfirmasi Covid-19 Provinsi Banten," kata Wahidin dalam postingan di Instagramnya, Rabu (18/3/2020), yang dipantau iNews.id.

Pada menu dashboard pengunjung juga bisa mendapatkan berita dan video kesiapsiagaan Pemprov Banten terhadap virus korona. Kemudian, nomor kontak Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Banten yang bisa dihubungi oleh masyarakat.

Gubernur Banten Wahidin Halim sebelumnya mengonfirmasi, lima warga warga Banten dinyatakan positif terkena virus korona. Satu orang di antaranya meninggal dunia pada Senin sore (16/3/2020), berasal dari Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

"Positif terkena virus korona lima orang warga Banten. Dari lima orang yang positif, satu orang dari Pondok Aren meninggal dunia," kata Gubernur Banten.

Gubernur juga mengimbau masyarakat Banten untuk tetap tinggal di rumah, jangan keluar rumah kalau tidak perlu. Hindari tempat-tempat umum, dan memperbanyak asupan gizi. "Sebagai orang yang beriman, mari banyak berdoa kepada Allah SWT," katanya.

Sementara itu Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 yang juga Kadinkes Provinsi Banten dr Ati Pramudji H menjelaskan, empat orang pasien positif korona masih dirawat intensif. Tiga orang dari Kabupaten Tangerang, dengan rincian, dua orang dari Kecamatan Kelapa Dua dan satu orang dari Kecamatan Curug. Kemudian, satu orang dari Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang.

Sampai Selasa (17/3/2020), Orang Dalam Pantauan (ODP) di Provinsi Banten sebanyak 130 orang. Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 18 orang. Sebanyak lima orang dinyatakan sembuh. Sementara menunggu hasil laboratorium sebanyak 13 orang.

Diketahui, sebelumnya Gubernur Banten telah menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) Virus Korona di Provinsi Banten dengan SK Nomor: 443/Kep.114-Huk/2020. Selanjutnya ditindaklanjuti dengan sosialisasi kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona (Covid-19) di Provinsi Banten serta pembentukan Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Banten.


Editor : Maria Christina