Satgas Yonif R 300 Amankan 2,3 Ton BBM Ilegal di Trans Papua, 4 Pelaku Diamankan

Donald Karouw ยท Kamis, 20 Februari 2020 - 04:16 WIB
Satgas Yonif R 300 Amankan 2,3 Ton BBM Ilegal di Trans Papua, 4 Pelaku Diamankan
Satgas Yonif Raider 300/Bjw mengamankan BBM ilegal di Trans Papua, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (19/2/2020). (Foto: iNews.id/Dispenad)

KEEROM, iNews.idSatgas Yonif Raider 300/Bjw berhasil mengamankan 2,3 ton bahan bakar minyak (BBM) ilegal di Trans Papua, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (19/2/2020). Satgas juga mengamankan empat pelaku yang membawa BBM tanpa tidak dilengkapi surat maupun dokumen yang resmi.

Dansatgas Yonif Raider 300/Bjw, Letkol Inf Ary Sutrisno mengatakan, pengamanan BBM ilegal itu berawal saat para personel dari Pos Kalipay pimpinan Lettu Inf Andika Febriansyah menggelar razia rutin. Satgas memeriksa setiap kendaraan yang melintas di jalur Trans Jakarta.

“Hasilnya, sepanjang hari, Satgas berhasil mengamankan 2,3 ton BBM ilegal dari beberapa kendaraan yang melintasi Pos Satgas,” kata Letkol Inf Ary Sutrisno dalam siaran pers di Kabupaten Keerom, Papua.

Adapun rincian barang bukti yang diamankan, delapan drum dan 18 jeriken yang berisi 1.450 liter solar. Kemudian, BBM jenis premium 400 liter dan minyak tanah 180 liter. Dari barang bukti tersebut, Satgas mengamankan empat pelaku yang membawa BBM ilegal, masing-masing berinisial AB, SS, R, dan S.

“Keempat pelaku tidak dapat menunjukkan surat maupun dokumen yang resmi. Maka, dapat dipastikan bahwa BBM tersebut ilegal,” katanya.

Atas hasil temuan BBM ilegal di wilayan perbatasan itu, Satgas langsung melaporkan ke komando atas. Satgas juga telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Ary mengatakan, selama ini Satgas berusaha mencegah barang-barang ilegal dan narkoba masuk di wilayah perbatasan itu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Karena itu, Satgas secara rutin menggelar pemeriksaan kendaraan roda dua maupun roda empat setiap pagi dan sore hari, kita. Satgas juga memeriksa barang-barang yang dibawa.

“Memang sudah menjadi perhatian kami untuk dapat mencegah masuknya barang-barang ilegal dan narkoba. Semoga dengan diungkapnya BBM ilegal oleh para personel Satgas ini dapat memberikan efek jera bagi para pelakunya,” katanya.


Editor : Maria Christina