Rumah Terendam Banjir, Warga Katingan Kalteng Tidur di Pohon

Ade Sata ยท Minggu, 20 September 2020 - 21:30 WIB
Rumah Terendam Banjir, Warga Katingan Kalteng Tidur di Pohon
Warga korban banjir di Katingan, Kalteng terpaksa tidur di atas pohon karena rumahnya terendam. (Foto: iNews/Ade Sata)

KATINGAN, iNews.idBanjir yang melanda Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng) hingga Minggu (20/9/2020) belum surut. Akibat kondisi tersebut, warga terpaksa tidur di atas pohon karena rumah mereka masih terendam air dengan ketinggian bervariasi antara 1-1,5 meter.

Wilayah terdampak banjir parah salah satunya di Desa Banut Kalanaman, Kecamatan Katingan Hilir. Warga di pedalaman itu masih kesulitan beraktivitas lantaran banjir masih tinggi.

Mereka pun terpaksa memilih tidur di atas pohon beralaskan bantal dan guling. Sementara, warga lainnya menggunakan panggung di dalam rumah untuk tempat istirahat agar terhindar dari banjir.

Korban banjir, Ngatina mengatakan, banjir sudah dua pekan merendam desanya hingga membuat warga tak bisa bekerja lantaran banjir merendam seluruh kawasan.

“Sudah dua minggu ini banjir belum surut. Kada bisa apa-apa pang (nggak bias apa-apa). Suami nggak bisa kerja karena semuanya terendam air,” katanya.

Banyaknya warga yang tidak bisa bekerja membuat mereka terancam kelaparan. Korban banjir kini praktis hanya menunggu bantuan logistik dari pemerintah daerah yang hingga kini belum juga tiba. “Harapannya, banjir cepet surut agar kami bisa beraktivitas lagi,” ucapnya.


Editor : Kastolani Marzuki