Rombongan JPIC Diduga Diadang Oknum Pemda Lembata saat Antar Bantuan Korban Bencana

Joni Nura ยท Minggu, 25 April 2021 - 10:27:00 WIB
Rombongan JPIC Diduga Diadang Oknum Pemda Lembata saat Antar Bantuan Korban Bencana
Tangkapan Layar Rombongan JPIC Diduga Diadang Oknum Pemda Lembata saat Antar Bantuan Korban Bencana

LEMBATA, iNews.id - Rombongan kemanusiaan JPIC SVD diduga diadang oknum pemerintah di posko lapangan bencana Pemda Lembata. Bantuan itu rencananya akan diberikan kepada korban banjir bandang.

Pater Vande Raring, Relawan JPIC SVD, mengaku kecewa dengan insiden tersebut. Menurutnya, ada tiga mobil JPIC SVD yang dikerahkan untuk misi kemanusiaan ini dan tanda-tanda adanya pengadangan sudah tampak sejak pagi hari saat mereka mulai mendatangi para korban bencana di kebun-kebun.

"Kami melayani masyarakat, pemerintah juga melayani masyarakat. Padahal aksi kita ini mulia, ini panggilan nurani pada kepedulian nasib masyarakat," Pater Vande kepada.

Menurutnya, tidak hanya rombongan JPIC SVD saja yang disetop di posko lapangan, tapi dia melihat ada juga relawan lain yang diberhentikan di sana.

"Pemda harus bersyukur karena begitu banyak LSM dan relawan yang  mendukung pemda menolong para korban bencana," tambahnya.

Jika ada regulasi soal distribusi bantuan dari relawan, maka dia minta regulasi itu ditunjukan dan diarahkan secara baik.

"Kalau mau ajak kami lapor jangan pakai cara preman, ajak baik-baik beri kami arahan. Kami merasa dibentak itu yang kami bereaksi," ucapnya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2