Rektor IAIN Bengkulu Sirajuddin Positif Covid-19, Dirawat di RSUD M Yunus

Antara ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 18:23 WIB
Rektor IAIN Bengkulu Sirajuddin Positif Covid-19, Dirawat di RSUD M Yunus
UKK KSR PMI IAIN Bengkulu menyemprotkan disinfektan di area kampus IAIN Bengkulu. (Foto: Humas IAIN Bengkulu)

BENGKULU, iNews.id - Kasus terkonfirmasi positif Covid-2 bertambah dua orang. Salah satunya, Rektor Institut Agama Islam (IAIN) Bengkulu Prof Sirajuddin yang saat ini menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Yunus Bengkulu.

Direktur RSUD M Yunus Bengkulu Zulkimaulub Ritonga mengatakan, Sirajuddin mulai menjalani perawatan di RSUD M Yunus Bengkulu pada Senin (26/7/2020).

"Kondisinya sekarang batuk, sesak napas. Kami sudah pasang oksigen. Kalau kondisi lainnya masih stabil," kata Zulkimaulub Ritonga, Rabu (29/7/2020).

Zulkimaulub mengatakan, dia belum mendapat keterangan mengenai apakah rektor tersebut memiliki penyakit penyerta atau tidak dari tenaga medis yang merawat rektor tersebut.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Humas IAIN Bengkulu Sri Ihsan mengatakan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu telah melakukan screening. Untuk tahap awal, pihaknya telah melakukan rapid test atau tes cepat terhadap 20 orang yang diduga memiliki riwayat kontak dengan rektor di lingkungan kampus IAIN Bengkulu.

"Hari ini dilakukan rapid test terhadap 20 orang di kampus IAIN Bengkulu. Apa hasilnya, kami belum tahu," kata Ihsan.

Ihsan juga memastikan aktivitas di kampus IAIN Bengkulu tetap berjalan seperti biasa. "Nanti kerja-kerja rektor untuk sementara dilaksanakan oleh wakil-wakil rektor, jadi tidak ada masalah," ujarrya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengakui ada dua tambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 di daerah itu yang salah satunya rektor, yaitu kasus nomor 212.

Kendati demikian, Herwan enggan menyebut jika kasus nomor 212 itu rektor IAIN Bengkulu. Dia hanya mengakui jika kasus nomor 212 itu salah satu rektor perguruan tinggi di Kota Bengkulu.

"Iya benar ada salah satu rektor di Kota Bengkulu yang terkonfirmasi positif Covid-19. Tapi, diduga dia ini ada riwayat perjalanan dari luar daerah," kata Herwan.


Editor : Maria Christina