Ratusan Rumah Warga di Serang Terendam Banjir Setinggi 1 Meter

Wimsalim ยท Selasa, 07 Januari 2020 - 17:23 WIB
Ratusan Rumah Warga di Serang Terendam Banjir Setinggi 1 Meter
Kondisi banjir di Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara, Serang, Banten, Selasa (7/1/2020). (Foto: iNews.id/Wimsalim)

CILEGON, iNews.id - Ratusan rumah di empat kampung di Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara, Serang, Banten terendam banjir dengan ketinggian satu meter lebih. Diduga, eksploitasi alam seperti aktivitas pertambangan dan pendangkalan sungai menjadi penyebab utama banjir di kawasan ini.

Warga setempat, Hasim mengatakan, volume air datang dari perbukitan dan tidak bisa ditampung drainase, sehingga meluap ke permukiman penduduk. Hampir 90 persen rumah warga terkena banjir.

"Ada sekitar 90 persen. Pagi itu ketinggain air sekitar semeter lebih," kata Hasim, Selasa (7/1/2020).

BACA JUGA: Aksi Nekat Siswa dan Guru di Lebak Seberangi Sungai Demi ke Sekolah

Dia juga mengakui, banjir di desanya sudah terjadi selama empat kali. Sebelumnya terjadi di akhir tahun 2019 dan dua kali di awal tahun 2020.

Sementara itu, Koordinator TRC BPBD Kabupaten Serang, Rachmatullah mengatakan, banjir surut dari pukul 09.30 dan ketinggian air saat ini hanya 20-30 sentimeter.

"Dari jam 09.30 ke jam 13.00 itu sudah surut, yang tadinya sepinggang orang dewasa sekarang tinggal semata kaki atau 20-30 sentimeter," ujarnya.

BACA JUGA: Bupati Lebak Kewalahan 30 Jembatan Putus Akibat Banjir Bandang

Dia juga memastikan untuk sementara tidak ada evakuasi warga. BPBD Kabupaten Serang hanya melakukan penyedotan air di area yang terkena banjir dan mengalihkan ke aliran sungai.

"Untuk saat ini tidak ada upaya evakuasi, kami koordinasi dengan camat dan lurah. Kami lakukan penyedotan air saja," kata Rachmatullah.

Untuk penyebab banjir, Rachmatullah menilai selain curah hujan tinggi ada laporan dari warga soal perusahaan yang membuat galian, sehingga berdampak ke jalur air permukiman warga.


Editor : Nani Suherni