Ramai soal Kerajaan Angling Dharma, Terungkap Ini Fakta Sesungguhnya

Iskandar Nasution ยท Rabu, 22 September 2021 - 15:51:00 WIB
Ramai soal Kerajaan Angling Dharma, Terungkap Ini Fakta Sesungguhnya
Bangunan megah bertuliskan Angling Dharma yang menghebohkan publik di Kampung Salangsari, Pandeglang. (Foto: iNews/Iskandar Nasution)

PANDEGLANG, iNews.id - Keberadaan bangunan megah yang sebut istana Kerajaan Angling Dharma menghebohkan publik. Lokasinya berada di Kampung Salangsari, Desa Pandat, Kecamatan Mandalawangi, Pandeglang, Banten

Namun setelah viral, pihak Angling Dharma akhirnya memberikan klarifikasi dan mengungkap fakta sebenarnya. Tidak ada yang namanya Kerajaan Angling Dharma.

"Saya ingin menyampaikan yang lagi ramai soal Kerajaan Angling Dharma, atas nama keluarga besar itu (kerajaan angling dharma) tidak ada. Penyebutan baginda itu hanya panggilan. Beliau hanya peduli kepada masyarakat dan mengajarkan sosial," ujar Asmar Jamil, santri sekaligus tangan kanan baginda, Rabu (22/9/2021).

Soal busana yang dikenakan Baginda Sultan Iskandar Jamaludin Firdaus itu memang menjadi ciri khasnya. Pakaian  itu dikenakan dalam kegiatan sehari-hari atau dalam acara resmi.

"Baginda itu memang orangnya nyentrik berpakaiannya," kata Jamil.

Dia juga menjelaskan, bangunan tersebut merupakan tempat tinggal dan bukan istana. Di dalam ada beberapa santri yang tinggal di tempat tersebut.

"Kami biasa juga gelar pengajian," katanya.

Soal nama angling dharma, dia menjelaskan hal tersebut hanya simbol. Bahasa yang dipakai sebagai falsafah dan bukan kerajaan. Begitupun dengan singgasana raja.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: