Puluhan Kendaraan Diputar Balik Kena Ganjil-Genap Kawasan Anyer

Iskandar Nasution ยท Minggu, 12 Desember 2021 - 15:16:00 WIB
Puluhan Kendaraan Diputar Balik Kena Ganjil-Genap Kawasan Anyer
Polres Cilegon saat uji coba pemberlakuan ganji genap di jalur wisata Pantai Anyer dan Carita. (Foto: iNews/Iskandar Nasution)

CILEGON, iNews.id - Puluhan kendaraan berpelat nomor genap yang hendak menuju wisata Anyer dan Carita diputar balik oleh polisi akibat terkena aturan ganjil-genap, Minggu (12/12/2021). Ganjil-genap itu diberlakukan mulai di pos cek poin Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten.

Calon wisatawan yang kendaraannya diputar balik memprotes kebijakan ganjill-genap. Mereka kecewa karena gagal berlibur ke objek wisata Pantai Anyer dan Carita, Kabupaten Pandeglang.

Mereka menolak memutar arah kembali ke daerah asalnya karena mengaku tidak tahu adanya kegiatan uji coba ganjil genap yang bertujuan memutus sebaran Covid-19 di area wisata itu.

Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono mengatakan, ada puluhan kendaraan baik mobil pribadi sampai bus pariwisata yang memakai pelat nomor genap diputar balik petugas. 

“Kita lakukan uji coba ganjil-genap di kawasan menuju Anyer dan Carita. Kendaraan-kendaraan yang memakai pelat nomor genap kita putar balik,” katanya.

Tingginya volume kendaraan dari arah Jabodetabek menuju Anyer dan Carita membuat arus lalu lintas menjadi tersendat. Terpantau puluhan bus memilih bertahan di sekitar jalan ini dan berharap petugas meloloskan mereka.

“Banyak yang berpura-pura tidak mengetahui adanya ganjil genap. Tidak mungkin pihak armada bus tidak mengetahui adanya uji coba ganjil genap ini. Seharusnya pihak PO bus memberitahu calon penumpang agar kegiatan wisata mereka bisa lancar,” ucapnya.

Kapolres mengatakan, uji coba pemberlakuan ganjil genap dilakukan untuk mengantisipasi adanya gelombang Covid-19 klaster tempat wisata pada saat libur Natal dan tahun baru 2022. 

Kapolres menambahkan, ada tiga pos checkpoint di jalur utama dan jalur alternatif yang sediakan petugas untuk melakukan uji coba sebelum nantinya diberlakukan. 

Uji coba ganjil-genap di kawsan Anyer dan Carita itu tidak berlaku bagi kendaraan warga sekitar dan truk barang serta angkutan umum. Mereka masih bias melintas kecuali bus pariwisata.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: