Positif Covid-19, Perempuan ABK di Tanjungpinang Sempat Kunjungi Keluarga saat Lebaran

Antara ยท Minggu, 07 Juni 2020 - 08:55:00 WIB
Positif Covid-19, Perempuan ABK di Tanjungpinang Sempat Kunjungi Keluarga saat Lebaran
Gugus Tugas Covid-19 Tanjungpinang mengonfirmasi 3 kasus positif dari klaster KM Sabuk Nusantara. (Antara)

TANJUNGPINANG, iNews.id - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau mengkonfirmas satu kasus positif virus corona (Covid-19) dari klaster pekerja KM Sabuk Nusantara 48. Kasus terbaru ini seorang perempuan inisial IS (27).

"Ada penambahan satu kasus positif Covid-19 dari klaster KM Sabuk Nusantara 48 sehingga totalnya jadi tiga orang," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Tanjungpinang, Rahma di Taniungpinang, Sabtu (6/6/2020).

Rahma mengatakan, IS warga Kelurahan Kampung Bulang, Kecamatan Tanjungpinang Timur namun sehari-hati tinggal di Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, Kecamatan Bukit Bestari, karena bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di KM Sabuk Nusantara 48.

Pada 23 Mei lalu, IS telah menjalani rapid test dan mendapat hasil nonreaktif. Namun, karena ada ABK yang positif terjangkit Covid-19, maka seluruh ABK KM Sabuk Nusantara 48 menjalani tes swab pada 30 Mei termasuk IS.

Dari hasil tes swab terhadap 21 ABK tersebut, ternyata IS positif terjangkit Covid-19.

Rahma menuturkan, IS langsung diisolasi. Tim Gugus Tugas langsung melakukan tracing terhadap orang-orang yang pernah kontak langsung dengan IS.

Berdasarkan pengakuan IS, selain tinggal di rumah bersama keluarga, dia sempat bersilaturahmi dengan seluruh kerabatnya di Tangjungpinang pada saat Lebaran. Tak hanya itu, dia juga berbelanja keperluan Lebarang ke beberapa toko

"Tim Gerak Cepat saat ini sudah melakukan pelacakan pada seluruh kontak erat terkonfirmasi, termasuk seluruh keluarga dan kerabat,” katanya.

Dari penelusuran itu, Rahma menuturkan, anggota keluarga yang melakukan kontak erat telah menjalani tes swab. Sedangkan orang-orang yang melakukan kontak sekunder telah menjalani rapid test.

Saat ini IS bersama dua pasien positif dari klaster KM Sabuk Nusantara 48 dirawat di RSUD Raja Ahmad Thabib, Tanjungpinang.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: