Positif Covid-19, Bupati Aceh Barat Ramli Ancam Pecat ASN Tak Ikut Swab Massal

Afsah ยท Jumat, 25 September 2020 - 15:16:00 WIB
Positif Covid-19, Bupati Aceh Barat Ramli Ancam Pecat ASN Tak Ikut Swab Massal
ASN di Pemkab Aceh Barat menjalani tes swab massal setelah Bupati Ramli dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). (Foto: iNews/Afsah)

ACEH BARAT, iNews.idBupati Aceh Barat Ramli MS mengancam akan memecat aparatur sipil negara (ASN) yang tidak mengikuti swab massal untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Instruksi Bupati Ramli itu dikeluarkan setelah dirinya positif terinfeksi virus asal China.

“Bagi ASN dan pegawai yang tidak menjalani uji swab, maka akan diberikan sanksi serta mundur bertugas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat,” ujarnya, Jumat (25/9/2020).

Ramli MS mengatakan intruksi swab massal kepada seluruh asn dan seluruh pejabat daerah setempat untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, apalagi sebelumnya mereka pernah melakukan kontak langsung dengan dirinya  saat beraktivitas di kontor bupati.

Dia menegaskan, uji swab tersebut tidak hanya untuk menjaga diri agar tidak terpapar, namun juga untuk memutuskan mata rantai dan tidak menularkan kepada orang lain.

Instruksi Bupati Ramli MS itu langsung dipatuhi semua ASN dan pejabat Pemkab Aceh Barat. Hingga Jumat siang, sudah ada 11 ASN dan seluruh pejabat yang menjalani swab massal di Laboratorium Daerah (Labkesda) Aceh Barat.

“Ada 111 ASN dan seluruh pejabat Pemkab Aceh Barat yang sudah menjalani tes swab. Meski agenda swab massal ini dilakukan di hari kerja, aktivitas di perkantoran seperti biasa. Tes swab ini memutus mata rantai penyebaran virus corona,” kata Juru Bicara Covid-19 Aceh Barat, Amril Nuthihar.

Sebelumnya, Bupati Aceh Barat Ramli MS dinyatakan positif terpapar virus corona dari hasil yang dikeluarkan oleh Balitbangkes Kota Banda Aceh setelah bupati menjlani uji swab pada pekan lalu.

Saat ini, bupati harus menjalani perawatan serta isolasi secara mandiri dan seluruh aktivitas penerimaan tamu di pendopo kini dihentikan untuk sementara waktu.

Dari data Gugus Tugas Covid-19, kasus positif corona di Aceh Barat semakin meningkat tajam. Tercatat sebanyak 71 orang dinyatakan positif Covid-19. Dengan rincian, 35 orang menjalani perawatan, 31 dinyatakan sembuh dan lima orang meninggal dunia.

Editor : Kastolani Marzuki