Polisi Tangkap 7 Pelaku Pemerasan di Pontianak dengan Modus Ajak Kencan

Uun Yuniar, Sindonews ยท Jumat, 30 Agustus 2019 - 13:27:00 WIB
Polisi Tangkap 7 Pelaku Pemerasan di Pontianak dengan Modus Ajak Kencan
Para pelaku pemerasan di Pontianak dengan modus ajak kencan diamankan polisi. (Foto: Sindonews).

PONTIANAK, iNews.id - Polisi menangkap komplotan pelaku pemerasan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar). Modus yang dipakainya dengan berpura-pura mengajak korbannya kencan di tempat sepi, sebelum diperas oleh mereka.

Kapolresta Pontianak Kota AKBP Ade Ary Syam Indradi mengatakan, komplotan mereka berjumlah 14 orang. Namun tujuh di antaranya sudah diamankan petugas.

"Tujuh orang lainnya masih diburu polisi. Mereka masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) atau buronan," kata Ade kepada wartawan di Mapolresta Pontianak, Kalbar, Jumat (30/8/2019).

Sindikat pemerasan ini sering beraksi di Kota Pontianak dan sekitarnya. Dari tujuh pelaku yang ditangkap, tiga di antaranya terpaksa dilumpuhkan, karena melawan petugas dan berusaha kabur.

Dia mengatakan, terungkapnya kasus pemerasan ini berawal dari laporan salah satu korban yang mengaku telah diperas para pelaku. Kisahnya berawal saat bertemu dengan salah satu pelaku bernama Amoi.

"Selanjutnya korban diajak berkencan di sebuah gang Buntu di Pontianak," ujar dia.

Setelah korban dan Amoi sampai di lokasi, tiba-tiba datang beberapa pelaku lainnya. Salah satu dari mereka berpura-pura sebagai suami Amoi. Mereka langsung melakukan pemerasan terhadap korban.

"Pelaku menggunakan pisau cutter untuk mengancam korban," katanya.

Setelah mendapati laporan tersebut, tim Jatanras Saterskrim Polresta Pontianak Kota langsung menangkap ketujuh pelaku. Mereka kini dikenalan sanksi pasal 368 KUHP dengan ancaman kurang dari 9 tahun penjara.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: