Polda Sulteng: Ada 3 Terduga Teroris yang Ditangkap di Palu

Antara, Jemmy Budo ยท Kamis, 05 September 2019 - 17:22:00 WIB
Polda Sulteng: Ada 3 Terduga Teroris yang Ditangkap di Palu
Kapolda Sulteng Brigjen Pol Lukman Wahyu Hariyanto. (Foto: iNews/Jemmy Budo)

PALU, iNews.id – Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) masih mendalami peran tiga (sebelumnya disebut dua) terduga teroris yang ditangkap di Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, pada Selasa (3/9/2019). Pemeriksaan ini terkait dugaan keterlibatan mereka dengan kelompok DPO terduga teroris yang saat ini masih diburu keberadaannya.

"Tiga orang yang diamankan, bukan dua. Saat ini masih didalami prosesnya seperti apa, intensifnya atau intensitas mereka," ujar Kapolda Sulteng Brigjen Pol Lukman Wahyu Hariyanto, seusai syukuran peringatan HUT Ke-71 Polwan di Palu, Kamis (5/9/2019).

Menurutnya, dalam penangkapan tiga terduga teroris tersebut, polisi juga mengamankan barang-barang atau dokumen sebagai barang bukti.

“Ada dokumen-dokumen, senjata, golok juga ada. Tentunya barang yang diamankan itu ada kaitannya. Kalau tidak terkait untuk apa,” kata mantan Wakapolda Kaltim tersebut.

Kapolda menegaskan, intinya saat ini yakni, ketiga terduga teroris masih diperiksa dan dilakukan pendalaman. Mereka diproses secara profesional atas perkara yang disangkakan.

“Masih didalami seperti apa, ini masih terduga. Kami harus prefesional,” ucapnya.

Kapolda juga mempersilakan keluarga untuk melapor kepada pihak terkait bila menganggap ada yang tidak sesuai dalam penangkapan terhadap ketiga terduga pelaku teroris tersebut. Dia juga menyinggung operasi tim Satgas Tinombala. Di mana aparat masih memburu 9 terduga teroris yang tersisa.

“(Anggota Satgas Tinombala) Masih progres berjuang terus di hutan sana,” tuturnya.

Diketahui, Densus 88 Antiteror didukung Polda Sulteng menangkap tiga terduga teroris di Kota Palu. Selain mengamankan ketiganya, petugas juga menyita sejumlah dokumen dan persenjataan.

Sampai saat ini belum ada identitas yang diungkap, termasuk hubungan antara terduga teroris yang ditangkap ini dengan jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Pimpinan Ali Kalora.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: