Polda Kepri Tangkap 2 Pelaku Pengiriman TKI Ilegal di Batam

Dicky Sigit Rakasiwi · Jumat, 17 September 2021 - 14:55:00 WIB
Polda Kepri Tangkap 2 Pelaku Pengiriman TKI Ilegal di Batam
Polda Kepri tangkap dua orang yang membantu pengiriman TKI ilegal di Batam. (Foto: Dicky Sigit)

BATAM, iNews.id - Polda Kepri menangkap dua orang yang membantu pengiriman lima tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal di Batam. Keduanya ditangkap di Sei Lekop, Sagulung pada 9 September 2021.

Pelaku yakni M Sukri, yang bertindak sebagai nakhoda speedboat, dan Amat, yang menyediakan pelabuhan untuk mengirim lima TKI.

Keduanya ditangkap setelah polisi mendapat laporan dari warga tentang pengiriman TKI ilegal di wilayahnya.

"Mendapatkan informasi ini dilakukan penegakkan hukum terhadap keduanya," kata Ditpolairud Polda Kepri AKBP Marudut Liberti Panjaitan, Jumat (17/9/21).

Barang bukti yang diamankan dari pengungkapan kasus ini yakni satu unit speedboat warna kuning dengan mesin tempel Yamaha 1x40, dua unit handphone milik pelaku. 

Polisi juga memeriksa dokumen lima TKI yang akan dikirim tersebyt dan berkoordinasi dengan Badan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) di Tanjung Pinang untuk pemulangan ke daerah asal.

Kedua pelaku ditetapkan sebagai tersangka terkait perlindungan pekerja migran.

"Rencana tindak lanjut kami melaksanakan penyidikan sesuai dengan pasal 69 Jo Pasal 81 Undang-Undang Nomor  18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Jo Pasal 55 (1) Ke-1 KUHP," tutur Marudut.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: