Perwira Polisi di Kendari Dilaporkan Mantan Istri, Dugaan Rekayasa Kasus

Febriyono Tamenk ยท Jumat, 23 September 2022 - 15:52:00 WIB
Perwira Polisi di Kendari Dilaporkan Mantan Istri, Dugaan Rekayasa Kasus
Kapolresta Kendari Kombes Pol M Eka Faturrahman. (Foto : iNews/Ferbriyono Tamenk)

KENDARI, iNews.id - Perwira Polresta Kendari berinisial AKP S dilaporkan mantan istri atas dugaan laporan palsu atau rekayasa kasus penikaman. Selain ke Satreskrim Polresta Kendari, AKP S juga dilaporkan ke Bit Propam Polda Sulawesi Tenggara untuk pelanggaran kode etik.

Informasi dirangkum iNews, AKP S yang saat ini menjabat sebagai Kasubag Logistik Polresta Kendari dilaporkan mantan istri berinisial SW. Laporan ini atas peristiwa dugaan penikaman yang terjadi pada tahun 2018.

Kuasa Hukum SW, Muhamad Takdir menjelaskan, pihaknya melaporkan AKP Sunari atas dugaan merekayasa kasus, membuat laporan dan sumpah palsu. AKP S menuduh mantan istrinya telah menikam dirinya di bagian perut yang disertai dengan hasil visum Rumah Sakit Bhayangkara.

Namun dalam proses persidangan, tidak pernah ada tindakan penikaman yang dilakukan SW kepada AKP S. SW pun diputus bebas Pengadilan Negeri Kendari pada tanggal 15 April 2019 dan diperkuat putusan Mahkamah Agung tertanggal 28 Desember 2020.

Salinan putusan tersebut baru diterima SW Agustus 2022 sehingga telah berkekuatan hukum tetap.

"Kami mendampingi klien kami soal perekayasaan kasus. Klien kami dituduh menikam terlapor di bagian perut, mertuanya berusia 70 tahun juga disebut menganiaya. Namun klien kami diputus bebas karena tidak terbukti penikaman itu," ujar Takdir, Jumat (23/9/2022).

Sementara itu kuasa hukum AKP S, Sukdar menyebut tidak ada rekayasa kasus dalam peristiwa tersebut. Menurutnya, SW dinyatakan bebas oleh Hakim Pengadilan Negeri Kendari karena saat kejadian penikaman tak ada saksi yang melihat.

"Peristiwa penikamannya itu ada. Lukanya ada tapi tak masuk pertimbangan hakim. Pertimbangan dia bebas karena tidak saksi atau yang melihat," ucapnya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: