Pertanian Gaharu di Bangka Tengah Kian Meningkat, 800.000 Pohon Siap Panen

Rachmat Kurniawan ยท Rabu, 02 September 2020 - 13:20:00 WIB
Pertanian Gaharu di Bangka Tengah Kian Meningkat, 800.000 Pohon Siap Panen
Batang pohon gaharu hasil pertanian di Bangka. (Foto: Istimewa).

BANGKA, iNews.id - Jumlah petani gaharu di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung (Babel), semakin berkembang. Harga jual untuk industri tersebut juga dinilai menjanjikan bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

Hal ini dialami masyarakat di Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah. Setidaknya lebih dari 800.000 pohon telah tertanam dan siap panen.

Seorang petani gaharu, Suprapto mengungkapkan, Kabupaten Bangka Tengah sangat cocok untuk dikembangkanya gaharu. Dia mengaku, dapat menanam gaharu dengan kualitas baik.

"Perawatanya juga tidak terlalu sulit, dan untuk proses penyuntikan atau inokulan gaharu sudah kita lakukan mandiri, sebelumnya dilakukan pendampingan dari dinas," kata Suprapto di Kabupaten Bangka Tengah, Babel, Rabu (2/9/2020).

Dia mengatakan, untuk penjualan gaharu, pemerintah daerah telah membantu pemasarannya. Terlebih Kabupaten Bangka Tengah saat ini menjadi daerah klaster gaharu di Indonesia.

"Selama ini terkait penjualan tidak susah, terlebuh pemerintah daerah juga membatu pemasaran dari petani gaharu yang ada di sini," ujar dia.

Selain itu, untuk pembibitan dan pendampingan petani dalam proses inokulan gaharu, telah didukung penuh pemerintah daerah sehingga dalam pengembanganya tidak sulit.

Gaharu adalah kayu berwarna kehitaman dan mengandung resin khas yang dihasilkan sejumlah spesies pohon dari marga Aquilaria yang merupakan bahan baku parfum.

Parfum dari bahan gaharu ini sangat diminati di negara-negara kawasan Timur Tengah sehingga harga jual di kawasan tersebut sangat tinggi.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal