Kaum Ibu di Dusun Sungai Tebok Bangka Tengah Disiapkan untuk Tanggap Bencana

Rachmat Kurniawan ยท Selasa, 01 September 2020 - 11:55 WIB
Kaum Ibu di Dusun Sungai Tebok Bangka Tengah Disiapkan untuk Tanggap Bencana
Kaum ibu di Dusun Sungai Tebok, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mengikuti apel Tagana, Selasa (1/9/2020). (Foto: iNews/Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, iNews.id - Kaum ibu di Dusun Sungai Tebok, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), disiapkan untuk menjadi anggota tanggap bencana. Mereka juga turut berpartisipasi dalam Apel Tagana yang digelar di dusun itu, Selasa (1/9/2020).

Apel yang digelar Tagana Provinsi Kepulauan Babel dan Kabupaten Bangka Tengah tersebut digelar untuk meningkatkan kesiapsiagaan dari anggota Tanggap Bencana yang ada di setiap desa dan kelurahan.

Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh yang menjadi pembina upacara menyampaikan apresiasinya terhadap keterlibatan kaum ibu dalam apel Tagana tersebut. Para kaum ibu dilibatkan dalam pencegahan dan penanggulangan bencana di desanya yang dijadikan sebagai salah satu desa tanggap bencana di Bangka Tengah.

"Saya sangat kagum kepada para ibu-ibu ini yang mau terlibat langsung dalam apel Tagana dan mau membantu dalam kesipsiagaan bencana di desanya," ujar Ibnu Saleh di hadapan seluruh peserta apel, Selasa (1/9/2020).

Dia juga berharap seluruh anggota Tagana dapat selalu siap siaga menghadapi potensi bencana di daerah. Tagana juga harus terus meningkatkan kemampuan dalam mengantisipasi potensi bencana dan kemampuan untuk bergerak cepat dalam menanggulangi bencana yang terjadi.

"Saya harapkan Tagana dapat selalu siap siaga dalam menghadapi potensi bencana yang ada di daerahnya. Tagana juga harus terus meningkatkan kemampuan dalam menangani bencana melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan," katanya.

Selain menggelar apel, Tagana juga menggelar bakti sosial kepada masyarakat Dusun Sungai Tebok, Kecamatan Lubuk Besar untuk meringankan beban di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Tagana memberikan perlengkapan keamanan laut bagi nelayan, perlengkapan sekolah bagi anak-anak nelayan, dan sembako kepada keluarga nelayan kurang mampu.


Editor : Maria Christina