Peringatan Dini BMKG : Sebagian Besar Provinsi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Antara ยท Kamis, 06 Oktober 2022 - 07:55:00 WIB
Peringatan Dini BMKG : Sebagian Besar Provinsi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang
Prakiran cuaca BMKG, Kamis (6/10/2022), sebagian besar provinsi hujan lebat disertai angin kencang. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca, Kamis (6/10/2022). Sebagian besar provinsi akan mengalami hujan lebat disertai angin kencang.

Provinsi yang berpotensi mengalami cuaca tersebut adalah Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Berikutnya Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

"Peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan daerah konvergensi atau daerah pertemuan angin meningkatkan peluang hujan di wilayah Indonesia," tulis prakirawan BMKG. 

BMKG menyatakan sirkulasi siklonik terpantau di sekitar Kalimantan Utara dan Selat Makassar yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah serta dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Barat.

Selain itu daerah konvergensi terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Perairan Barat Sumatera Barat hingga Sumatera Barat, dari Laut Jawa hingga Bangka Belitung, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dari Laut Sulawesi hingga Kalimantan Utara, serta Papua hingga Papua Barat.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: