Pemkot Singkawang Siapkan Ribuan Kacamata Sambut Fenomena Gerhana Matahari

Uun Yuniar ยท Rabu, 18 Desember 2019 - 18:15 WIB
Pemkot Singkawang Siapkan Ribuan Kacamata Sambut Fenomena Gerhana Matahari
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chuei Mie bersama LAPAN dan MUI Singkawang menggelar konferensi pers menghadapi fenomena gerhana matahari cincin tanggal 26 Desember 2019 mendatang. (Foto: iNews/Uun Yuniar)

SINGKAWANG, iNews.id – Singkawang, Kalimantan Barat akan menjadi salah satu lokasi yang dilewati fenomena gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019 mendatang. Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang telah menyiapkan ribuan kacamata bagi warga untuk menyaksikan langsung peristiwa alam langka tersebut.

Hal itu disampaikan langsung oleh Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie dalam konferensi pers Rabu (18/12/2019). Pemkot Singkawang akan menyelenggarakan nonton bersama fenomena gerhana matahari cincin itu di sejumlah lokasi seperti di kawasan masjid raya, Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Bank BNI, dan kawasan Bank Kalbar.

Tjhai Chui Mie mengatakan Pemkot Singkawang akan melibatkan siswa-siswi sekolah dalam pembuatan kacamata khusus tersebut. Rencananya kacamata itu akan dibagikan untuk tamu VIP dan VVIP.

BACA JUGA: Gerhana Matahari Cincin Lintasi Indonesia 26 Desember, 25 Kota dan 7 Daerah Dilewati

“Kami menyiapkan satu sampai dua layar lebar untuk melihat fenomena itu. Selain itu kami juga siapkan ribuan kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari, baik beli langsung atau dibuat siswa-siswi sekolah. Kegiatan itu bertujuan supaya siswa-siswi sekolah mengetahui cara pembuatan kacamata itu dan cara menggunakannya,” katanya.

Seperti diketahui, untuk menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin diperlukan kacamata khusus dengan bahan khusus. Karena radiasi sinar matahari saat gerhana dapat membahayakan mata jika fenomena dilihat dengan mata telanjang. Bahkan dapat menyebabkan kebutaan.

BACA JUGA: Berikut Negara-Negara yang Dilintasi Gerhana Matahari Total

Dalam acara tersebut Pemkot Singkawang bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Singkawang. Selain mengadakan nonton bersama, Pemkot Singkawang berencana mengadakan karnaval kebudayaan.

“Lapan juga menyiapkan live streaming melalui situs gerhanaindonesia.id jika terjadi mendung. Situs itu juga menampilkan fenomena gerhana matahari cincin di sejumlah tempat lain yang juga dilewati seperti Batam dan Siak. Juga untuk mengantisipasi jika terjadi mendung,” ujar Tim LAPAN Pontianak, Nia.


Editor : Rizal Bomantama