Panglima TNI Berangkatkan Satgas Maritim Konga ke Lebanon

iNews.id · Jumat, 05 Maret 2021 - 11:11:00 WIB
Panglima TNI Berangkatkan Satgas Maritim Konga ke Lebanon
Panglima TNI Berangkatkan Satgas Maritim Konga ke Lebanon (dok.Puspen TNI)

BATAM, iNews.id- Panglima TNI Marsekal TNI Tjahjanto memberangkatkan Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-M ke Lebanon. Pasukan itu akan membantu menjaga stabilitas keamanan laut.

Upacara pemberangkatan di Dermaga, Batu Ampar, Batam, Jumat (5/3/2021). Kegiatan ini dihadiri Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Ariawan, Pangdam II/Sriwijaya, Pangkoarmada I, Pangkoarmada II, Komandan PMPP, Gubernur, pejabat Forkopimda Provinsi Kepri, pejabat Forkopimda Kota Batam dan pejabat utama TNI-Polri.

"Sejak tahun 2009, TNI telah mengirimkan kapal perangnya dalam Maritime Task Force (MTF) di bawah UNIFIL. Hari ini, pemberangkatan KRI Sultan Iskandar Muda (SIM)-367 menandai kontribusi ke-13 TNI dalam Satgas Maritim di bawah bendera PBB," kata Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Marsekal TNI Hadi mengatakan sebagai komponen maritim, MTF memiliki peran sentral untuk menjaga stabilitas keamanan di laut dengan melakukan operasi interdiksi laut atau Maritime Interdiction Operation (MIO). 

"Operasi ini dilakukan untuk mencegah masuknya senjata dan material terkait senjata secara tidak sah ke Lebanon," ujarnya.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melepas Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-M Unifil untuk menunaikan tugas ke Lebanon, Jumat (5/3/2021). (Foto: Puspen TNI).
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melepas Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-M Unifil untuk menunaikan tugas ke Lebanon, Jumat (5/3/2021). (Foto: Puspen TNI).

Selain itu, Satgas tersebut bertugas meningkatkan kapasitas Angkatan Laut Lebanon agar mampu melaksanakan tugas dan fungsinya secara mandiri. keberhasilan menjalankan tugas itu menjadi indikator pencapaian Satgas Maritim TNI di Lebanon.
 
"Tugas yang akan para prajurit laksanakan adalah sebuah tugas yang mulia. Keberangkatan kalian ke Lebanon juga menjadi bukti kesiapan operasional TNI Angkatan Laut yang tinggi," ujarnya.

Editor : Ibnu Hariyanto

Halaman : 1 2