Orient P Riwu Kore Disebut Bawaslu Warga AS, KPU NTT: KTP-nya Kota Kupang

Antara ยท Rabu, 03 Februari 2021 - 18:16:00 WIB
Orient P Riwu Kore Disebut Bawaslu Warga AS, KPU NTT: KTP-nya Kota Kupang
Bupati terpilih Sabu Raijua Orient P Riwu Kore (Foto: Istimewa)

KUPANG, iNews.id - Status kependudukan Bupati Terpilih Sabu Raijua Orient P Riwu Kore masih menjadi tanda tanya. Setelah Bawaslu setempat menyebut statusnya WNA Amerika Serikat (AS), KPU NTT justru menyebut Orient memiliki e-KTP warga Kota Kupang.

Ketua KPU NTT Thomas Dohu mengatakan, mereka berpegangan pada KTP elektronik yang dimiliki Orient tersebut.

"KTP elektronik yang dimiliki Orient saat ini adalah KTP Kota Kupang dan itu yang kami pegang," kata Thomas Dohu kepada wartawan di Kupang, Rabu (3/2/2021).

Dia mengatakan, KPU juga sudah mengumumkan ke publik seluruh dokumen yang dimiliki oleh yang bersangkutan, seperti dokumen syarat pencalonan dan lainnya. Dengan begitu, publik juga sudah mengetahuinya.

Thomas mengatakan, KPU sudah melakukan tugasnya dengan baik, yakni sudah sampai pada tahapan pengusulan calon terpilih ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) karena memang berbagai syarat-syarat sudah lengkap.

Bahkan, KPU Sabu Raijua dan KPU NTT juga datang ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenducapil) Kota Kupang untuk mengecek keabsahan dari e-KTP milik Orient Patriot Riwu Kore itu.

"Dispendukcapil mengakui telah menerbitkan KTP-el atas nama Orient Patriot Riwu Kore," ujarnya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2