Operasi VBSS, Lanal Tanjung Balai Karimun Tembak Mati Perompak

Iwan Mohan ยท Minggu, 15 November 2020 - 18:06:00 WIB
Operasi VBSS, Lanal Tanjung Balai Karimun Tembak Mati Perompak
Simulasi Operasi VBSS, Lanal Tanjung Balai Karimun Tembak Mati Perompak (Foto: iNews/Iwan Mohan)

KARIMUN, iNews.id - Satu dari tiga kawanan perompak yang melakukan penyanderaan penumpang di kapal Oceanna 17 tewas ditembak tim Visit Board Search and Seizure (VBSS) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun. Kejadian ini merupakan simulasi dalam operasi yang digelar untuk meningkatkan kesiapan prajurit dalam menindak kejahatan laut.

Dalam simulasi itu, kawanan perompak meminta nahkoda kapal untuk memutar haluan. Perompakn juga mengambil seluruh barang-barang penumpang.

Mendapat informasi adanya peristiwa perompakan, Lanal Tanjungbalai Karimun langsung menerjunkan satuan tugas antiteror tim VBSS untuk menyelamatkan para sandera. Sebelum berhasil menguasai kapal, petugas sempat terlibat baku tembak dengan perompak. Satu perompak tewas dalam kejadian tersebut.

Danlanal Tanjung Balai Karimun Letkol Laut (P) Maswedi mengatakan, latihan ini merupakan agenda rutin TNI AL yang digelar setiap enam bulan sekali. Latihan ini sangat penting guna meningkatkan kesiapsiagaan personel khususnya di wilayah perbatasan Indonesia.

"Simulasi operasi ini dalam rangka dalam usaha penculikan terhadap objek yang merupakan barang penting di daerah ini," ucap Maswedi.

Editor : Nani Suherni