Operasi Ketupat Lancang Kuning, Irjen Iqbal: Kami All Out Sesuai Perintah Kapolri

Nani Suherni ยท Jumat, 22 April 2022 - 19:43:00 WIB
Operasi Ketupat Lancang Kuning, Irjen Iqbal: Kami All Out Sesuai Perintah Kapolri
Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal saat memimpin apel pasukan Operasi Ketupat Lancang Kuning dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. (Foto: ist)

PEKANBARU, iNews.id - Polda Riau menggelar apel pasukan Operasi Ketupat Lancang Kuning dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Jumat (22/4/2022). Apel ini dipimpin langsung Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Apel pasukan diawali dengan penyampaian amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui virtual kepada seluruh jajaran Polda se-Indonesia.

Dalam pemaparannya, Kapolri menyebut hasil survei Badan Litbang Kemenhub diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas selama Lebaran 2022. Pergerakan harus diantisipasi dengan baik, mulai dari sisi lalu lintas, keamanan dan vaksinasi. 

"Kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya transmisi Covid-19 menjelang, pada saat dan pascaperayaan Idul Fitri 1443 Hijriah. Sehingga diperlukan langkah-langkah sinergis dengan seluruh stakeholder terkait agar masyarakat aman dan sehat," ujar Kapolri, Jumat (22/4/2022).

Kapolri juga meminta jajarannya masif mensosialisasikan dan mengawasi kedisiplinan masyarakat agar taat terhadap protokol kesehatan 3M. Selain itu, memperbanyak gerai-gerai vaksin. 

"Melaksanakan penjagaan dan pengamanan terhadap pelaksanaan ibadah Idul Fitri di masjid-masjid maupun di lapangan," katanya.

Kemudian, jajaran kepolisian harus memanajemen rekayasa lalu lintas, mulai dari contraflow, buka tutup tol, one way, ganjil-genap pada jalan tol maupun ruas jalan tertentu. 

Seusai mendengar amanat Kapolri, Kapolda Riau Irjen Iqbal menyampaikan pihaknya telah memperbanyak pos pengamanan dan pelayanan di wilayah hukum Polda Riau. Dia juga memerintahkan jajarannya untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. 

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: