Mengenal Ki Ageng Gribig, Cucu Prabu Brawijaya yang Jadi Penasihat Sultan Agung

Antara ยท Jumat, 24 September 2021 - 03:07:00 WIB
Mengenal Ki Ageng Gribig, Cucu Prabu Brawijaya yang Jadi Penasihat Sultan Agung
Makam Ki Ageng Gribig merupakan ulama besar penyebar Islam di kawasan Jatinom, Klaten, Jawa Tengah. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id -  Hampir seluruh ulama se-Jawa Tengah menghadiri haul  Ki Ageng Gribig. Ki Ageng Gribig merupakan ulama besar penyebar Islam di kawasan Jatinom, Klaten, Jawa Tengah.

Ki Ageng Gribig bernama asli Wasibagno Timur. Dia dikenal masih keturunan dari Raja Majapahit, Brawijaya V. Tak main-main, Ki Ageng Gribig ternyata leluhur dari Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Ki Ageng Gribig sebagai seorang tokoh agama yang tak kenal lelah dalam mensyiarkan ajaran Islam di Tanah Jawa. 

Dia merupakan cucu dari Prabu Brawijaya dari Kerajaan Majapahit. Ki Ageng Gribig merupakan seorang alim ulama yang terkenal dermawan dan tak pernah pelit untuk membagikan ilmu serta harta yang dimilikinya. 

"Saat hidup dia adalah menjadi amir tanah perdikan di Jatinom. Dia adalah penasihat spiritual Raja Mataram Sultan Agung," kata Airlangga saat mengenang Ki Ageng Gribig, Kamis (23/9/2021).

Atas jasanya, Ki Ageng Gribig dianugerahi putri adik sinuhun bernama Raden Ayu Mas sebagai istrinya.

Selain itu, dia juga diberi kebebasan untuk memilih rumah yang akan ditempati bersama keluargannya. Namun, karena sikap rendah hatinya yang selalu tertanam di dalam dirinya, akhirnya Ki Ageng Gribig memutuskan untuk tetap tinggal di Klaten. 

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: