Menangkan Gugatan di Bawaslu, Eks Napi Korupsi Agusrin Melaju ke Pilgub Bengkulu

Endro Dwirawan ยท Sabtu, 17 Oktober 2020 - 18:42 WIB
Menangkan Gugatan di Bawaslu, Eks Napi Korupsi Agusrin Melaju ke Pilgub Bengkulu
Suasana sidang di Bawaslu Provinsi Bengkulu atas gugatan tim bapaslon gubernur-wakil gubernur, Agusrin M Najamudin-Imron Rosyadi atas putusan KPU, Sabtu (17/10/2020). (Foto: iNews/Endro Dwirawan)

BENGKULU, iNews.id - Bawaslu Bengkulu mengabulkan gugatan tim bakal pasangan calon (bapaslon) gubernur-wakil gubernur Bengkulu tahun 2020, Agusrin M Najamudin-Imron Rosyadi atas putusan KPU setempat. KPU sebelumnya menyebut pasangan ini tidak memenuhi syarat (TMS) melaju ke Pilkada Serentak 2020 karena jeda waktu pembebasan Agusrin sebagai eks narapidana korupsi.

Dalam sidang yang digelar secara virtual Sabtu (17/10/2020), Bawaslu Bengkulu memutuskan meminta termohon KPU Bengkulu mencabut putusannya yang menyatakan Bapaslon Agusrin-Imron TMS. KPU diminta memasukkan dan menetapkan Agusrin-Imron menjadi pasangan calon (paslon) dalam Pilgub Bengkulu 2020.

Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu Parsadaan Harahap mengatakan, pihaknya memiliki banyak alasan untuk memutuskan mengabulkan permohonan tim Bapaslon Agusrin-Imron.

"Dasarnya banyak, alat bukti, fakta persidangan, keyakinan majelis dan hasil konsultasi kami ke Bawaslu RI. Dalam persidangan, kami juga mendefenisikan apa itu terpidana, mantan narapidana dan berdasarkan bukti dan fakta yang ada Agusrin M Najamudin telah melewati masa lima tahun dari statusnya sebagai narapidana," kata Parsadaan.


Editor : Maria Christina