LaNyalla Apresiasi Kebun Raya Katingan Jadi Pusat Pembibitan Buah Tropis di Kalteng

iNews ยท Rabu, 19 Januari 2022 - 07:00:00 WIB
LaNyalla Apresiasi Kebun Raya Katingan Jadi Pusat Pembibitan Buah Tropis di Kalteng
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengapresiasi Kebun Raya Katingan di Kalimantan Tengah menjadi pusat pembibitan buah tropis. (Foto: Dok DPD RI)

Dari data yang dimilikinya, permintaan impor dari UEA kepada Indonesia masih sangat tinggi. Pada tahun 2020, komposisi ekpor Indonesia ke UEA mencapai 69 persen permintaan buah-buahan. 

"Potensi ekspor buah tropis Indonesia sangat besar. Jadi wajar jika Kebun Raya Katingan Kalteng dijadikan pusat penghasil bibit buah tropis," katanya.

Diketahui, jika kebun raya yang diresmikan pada 6 Desember 2016 merupakan kebun raya pertama yang berada di Kalimantan Tengah, sekaligus yang kelima di Pulau Kalimantan. Kebun raya ini memiliki luas sekitar 127 hektare, terletak di Jalan Tjilik Riwut Km 13 Kasongan dan berdampingan dengan tempat wisata Bukit Batu Kasongan.

Kebun Raya Katingan dikembangkan untuk penelitian, konservasi dan pendidikan bagi generasi muda untuk mengenal buah dan hayati lokal khas Kalteng di satu area kawasan. Selain itu kebun raya bisa menjadi sarana wisata.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: