Kronologi Pembunuhan di Salon Santi Gorontalo, Pelaku dan Korban Sempat Bertengkar

Zainal Ahmad ยท Kamis, 03 Oktober 2019 - 16:39 WIB
Kronologi Pembunuhan di Salon Santi Gorontalo, Pelaku dan Korban Sempat Bertengkar
Oyong Tongkono (32), diamankan polisi setelah membunuh istrinya Rosita Hulalata alias Ita (24), di Salon Santi, Jalan Brigjen Piola Isa, Kelurahan Wongkaditi Barat, Kota Gorontalo, Kamis (3/10/2019) dini hari. (Foto: iNews/Zainal Ahmad)

GORONTALO, iNews.id – Polres Gorontalo Kota masih memeriksa intensif pelaku pembunuhan Rosita Hulalata alias Ita (24), di Salon Santi, yang tidak lain suami korban bernama Oyong Tongkono (32). Pelaku ditangkap saat bersembunyi di rumah rekannya di Kelurahan Tanggikiki, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo, Kamis (3/10/2019) dini hari.

Oyong, warga Desa Bondawuna, Kecamatan Suwawa Selatan, Kabupaten Bone Bolango, membunuh istrinya di Salon Santi yang berlokasi di Jalan Brigjen Piola Isa, Kelurahan Wongkaditi Barat, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo, pada Kamis (3/10/2019), pukul 01.00 WITA.

Kapolres Gorontalo Kota AKBP Robin Lumban Raja mengatakan, kronologi pembunuhan tersebut berawal saat pelaku mendatangi korban di tempat kerjanya. Pasangan suami istri itu terlibat pertengkaran lantaran sang suami tidak menyukai istrinya kembali bekerja di salon esek-esek tersebut.

“Pelaku ini pernah memperingatkan korban agar jangan kembali kerja di salon itu karena menilai pekerjaannya tidak layak. Pelaku mengindikasikan pekerjaan di salon itu memberi pelayanan lebih ke para pelanggannya,” kata Robin, Kamis (3/10/2019).

Oyong yang sudah diliputi amarah pun langsung menganiaya korban dengan senjata tajam berupa badik dan pedang samurai yang menurut pengakuannya, sering dibawa ketika bekerja. Akibatnya, korban menderita sejumlah luka di bagian lengan dan kepala belakang.

Saat korban sekarat, pelaku meninggalkannya begitu saja di Salon Santi hingga akhirnya tewas. “Pelaku yang kecewa akhirnya kalap dan melakukan tindakan penganiayaan yang menewaskan korban,” katanya.

Kapolres mengatakan, pelaku dan korban diketahui menikah pada awal 2019 dan telah memiliki anak. Pelaku yang sebelumnya sudah menikah bahkan tega meninggalkan istri lamanya demi mempersunting korban, pelaku.

Warga berkerumun di TKP penemuan mayat perempuan muda korban pembunuhan di Kota Gorontalo, Kamis (3/10/2019). (Foto: iNews/Zainal Ahmad)


Pelaku yang sudah ditahan masih menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Gorontalo Kota. Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan. Ancaman hukumannya pidana penjara maksimal selama 15 tahun.

Pembunuhan ini terungkap setelah polisi menerima laporan dari warga mengenai penemuan mayat di Kelurahan Dulomo Selatan, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo, Rabu (2/10/2019) malam di Salon Santi, Jalan Brigjen Piola Isa, Kelurahan Wongkaditi Barat, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo, pada Kamis (3/10/2019), pukul 01.00 WITA.
Polisi kemudian datang ke lokasi tempat kejadian perkara (TKP).


Editor : Maria Christina