Suami di Gorontalo Bunuh Istri di Pinggir Jalan, Motif Kecewa dengan Pekerjaan Korban

Zainal Ahmad ยท Kamis, 03 Oktober 2019 - 08:28 WIB
Suami di Gorontalo Bunuh Istri di Pinggir Jalan, Motif Kecewa dengan Pekerjaan Korban
Warga saat berkerumun di TKP penemuan mayat perempuan muda korban pembunuhan di Gorontalo. (Foto: iNews/Zainal Ahmad)

GORONTALO, iNews.idPembunuhan seorang perempuan muda gemparkan warga Kelurahan Dulomo Selatan, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo, Rabu (2/10/2019) malam. Warga setempat menemukan tubuh korban bersimbah darah tergeletak di pinggir Jalan Brigjen Piola Isa.

Polres Gorontalo Kota yang mendapat laporan adanya penemuan mayat langsung datang ke lokasi tempat kejadian perkara (TKP). Seusai proses identifikasi dan olah TKP, polisi mengungkap identitas korban bernama Rosita Hulalata (24), warga Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Kesehariannya korban bekerja di salon plus-plus tak jauh dari TKP penemuan mayat.

Hasil penyelidikan dan keterangan sejumlah saksi di TKP, polisi menangkap terduga pelaku hanya dalam hitungan jam pascakejadian. Identitasnya yakni Oyong Tongkono, suami korban. Dia ditangkap saat bersembunyi dalam rumah rekannya, tak jauh dari TKP, Kamis (3/10/2019) dini hari.


Kapolres Gorontalo Kota AKBP Robin Lumban Raja mengatakan, kronologi pembunuhan berawal saat pelaku mendatangi korban di tempat kerjanya. Mereka terlibat pertengkaran lantaran sang suami tak menyukai jika istrinya kembali bekerja di salon tersebut.

“Pelaku ini pernah memperingatkan korban agar jangan kembali kerja di salon itu karena menilai pekerjaannya tidak layak. Pelaku mengindikasikan pekerjaan di salon itu memberi pelayanan lebih ke para pelanggannya,” ujarnya, Kamis (3/10/2019).

BACA JUGA: Penemuan Mayat Pria Mengapung Terikat Tali dengan Kepala Ditutup Karung Hebohkan Warga

Pelaku yang sudah diliputi amarah pun menganiaya korban dengan senjata tajam. Akibatnya, korban menderita sejumlah luka di bagian lengan dan kepala belakang. Saat korban sekarat, pelaku meninggalkannya di lokasi hingga akhirnya tewas di TKP.

“Pelaku yang kecewa akhirnya kalap dan melakukan tindakan penganiayaan yang menewaskan korban,” katanya.

Menurut Kapolres, pelaku dan korban ini menikah pada awal 2019 dan telah memiliki anak. Demi mempersunting korban, pelaku bahkan meninggalkan istri lamanya.

Kini pelaku ditahan atas perbuatannya menghilangkan nyawa. Sementara jenazah korban dibawa ke RSUD dr Aloe Saboe untuk visum.


Editor : Donald Karouw