Korupsi Bimtek Fiktif, Kadis ESDM Riau Indra Agus Lukman Ditahan Kejaksaan

Banda Haruddin Tanjung ยท Selasa, 12 Oktober 2021 - 18:24:00 WIB
Korupsi Bimtek Fiktif, Kadis ESDM Riau Indra Agus Lukman Ditahan Kejaksaan
Kejari Kuansing menahan Indra Agus Lukman, Kadis ESDM Provinsi Riau dalam kasus bimtek fiktif Rp500 juta, Selasa (12/10/2021). (Foto: Banda Haruddin Tanjung)

KUANSING, iNews.id - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuansing menetapkan Kepala Dinas (Kadis) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemerintah Provinsi Riau, Indra Agus Lukman sebagai tersangka kasus korupsi bimbingan teknis (Bimtek) fiktif senilai Rp500 juta. Indra langsung ditahan di Rutan Polres Kuansing.

Penahanan tersebut dilakukan setelah Indra Agus Lukman memenuhi panggilan pemeriksaan Kejari Kuansing. Pada pemeriksaan awal saat masih berstatus saksi, dia mengeluh sakit.

"Indra Agus sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus Bimtek dan ditahan di Rutan Polres Kuansing terhitung tanggal 12 Oktober 2021 sampai tanggal 31 Oktober 2021," kata Kepala Kajari Kuansing, Hadiman, Selasa (12/10/2021).

Indra Agus yang juga pernah menjabat penjabat Bupati Siak ini datang ke Kantor Kejari Kuansing bersama kuasa hukumnya sekitar pukul  09.00 WIB. Penyidik melakukan pemeriksaan terkait Bimtek di Dinas ESDM Pemkab Kuansing tahun 2013-2014. 

Pemeriksaan selesai pukul 14.00 WIB dan Indra Agus langsung ditetapkan sebagai tersangka.

Hadiman mengatakan, Indra Agus ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus Bimtek fiktif. Saat itu dia masih menjabat sebagai Kepala Dinas ESDM di Pemkab Kuansing.

Dalam pemeriksaan terungkap kalau kegiatan Bimtek Dinas Pertambangan dan ESDM ke Provinsi Bangka Belitung ternyata tidak pernah ada.

"Kegiatan Bimtek ini terbukti fiktif dengan adanya dua terdakwa ED selaku bendahara pengeluaran dan AR selalu PPK di Dinas ESDM Kuansing sudah divonis bersalah oleh pengadilan. Masing-masing mereka dijatuhi hukuman 1 tahun penjara," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: