Komentari Aksi Pelaku Teror, Ulama Lebak: Perbuatan Sesat 

Antara · Minggu, 11 April 2021 - 14:03:00 WIB
Komentari Aksi Pelaku Teror, Ulama Lebak: Perbuatan Sesat 
Rumah pelaku teror (Foto: Antara)

LEBAK, iNews.id - Ulama terkemuka di Kabupaten Lebak Kiai Nurhaedi menilai, pelaku teror di berbagai daerah tidak utuh memahami konsep Islam. Pelaku teror itu, menyebarkan semangat jihad yang sesat.

"Sebetulnya, konsep Islam itu agama rahmatan lil alamin yang penuh kasih sayang dan damai bagi alam semesta," kata pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Madani, Minggu (11/4/2021).

Menurut Nurul Madani, berkembangnya paham sektoral yang melakukan aksi terorisme dan radikalisme itu karena mereka tidak utuh menerima konsep Islam. Pemahaman jihad sepotong-potong dan tidak seutuhnya itu, menurut Nurul Madani, berbahaya dan haram hukumnya. Pasalnya, pengertian jihad bagi pelaku teror merupakan perbuatan amaliah dan jika mati masuk surga.

Pemahaman jihad yang salah dan menyesatkan itu, kata dia, dikembangkan oleh jaringan mereka dengan menyebar informasi melalui media sosial.

Padahal, kata dia, konsep Islam tentang pengertian jihad sangat luas dan orang mencari ilmu dan bekerja sama saja melakukan perbuatan jihad. Namun, menurut dia, jihad yang berat bagi umat Islam adalah menahan hawa nafsu.

"Kami berharap masyarakat dapat mewaspadai penyebaran pemahaman sektoral itu karena perbuatan sesat dan menyesatkan," katanya.

Pemimpin Ponpes Nurul Madani ini lantas mengimbau masyarakat jangan mudah terpengaruh pemahaman sektoral itu. Hal ini mengingat, mereka merekrut masyarakat berusia di bawah 40 tahun dengan anggapan pada umur tersebut pemikirannya labil, kemudian mereka dengan mudahnya memengaruhi kalangan muda untuk berjihad sesat itu.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2