KLM Sahabat Muslim Tenggelam di Perairan Pagerungan Madura, 6 ABK Masih Dicari

Antara ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 15:30 WIB
KLM Sahabat Muslim Tenggelam di Perairan Pagerungan Madura, 6 ABK Masih Dicari
Tim SAR mengevakuasi ABK kapal yang tenggelam. (Foto: Antara)

MATARAM, iNews.id – Kapal layar motor (KLM) Sahabat Muslim tenggelam di perairan Pagerungan, Madura, Jawa Timur. Akibat kejadian itu, enam anak buah kapal (ABK) hilang dan masih dalam pencarian tim SAR.

"Kami menerima laporan Syahbandar Bima, tadi pagi bahwa KLM Sahabat Muslim berangkat dari Bima, Kamis (23/7/2020) malam menuju Banjarmasin dan tenggelam di sekitar perairan Pulau Pagerungan, Madura Jawa, Timur," Kepala Basarnas Mataram, Nanang Sigit, Jumat (24/7/2020).

Dia mengatakan, KLM Sahabat Muslim dilaporkan tenggelam di perairan laut pada titik koordinat 6° 51' 17,71S - 115°54' 15.96"E.

Seluruh ABK kapal tersebut berhasil menyelamatkan diri dengan menggunakan rakit penyelamat dan masing terombang-ambing di tengah laut.

ABK berjumlah enam orang tersebut atas nama Jaidun (nahkoda), Suhaep, Burnai, Istamar, Kamli, Heriyanto.

Menindak lanjuti laporan yang diterima, Basarnas Mataram mengerahkan tim "rescue" menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian dan evakuasi dengan menggunakan kapal Rescue Boat 220 Mataram yang bertolak dari Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

"Berdasarkan informasi terakhir dari salah satu ABK yang berhasil kami hubungi, saat ini posisi mereka masih berada di perairan sebelah utara Pulau Pagerungan. Tim 'rescue' masih dalam perjalanan menuju posisi yang telah ditentukan dengan menempuh jarak sekitar 111, 71 nautical mil," ucap Nanang.

Adapun unsur-unsur SAR yang terlibat membantu upaya pencairan antara lain, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Lembar, dan KSOP Bima.


Editor : Kastolani Marzuki