Kisah Anggota Polri Susuri Hutan Kalimantan Bagikan Sembako pada Warga Terdampak Covid-19

Irfan Ma'ruf ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 22:15 WIB
Kisah Anggota Polri Susuri Hutan Kalimantan Bagikan Sembako pada Warga Terdampak Covid-19
Anggota Polda Kalteng membagikan bantuan paket sembako bagi warga terdampak Covid-19 setelah menyusuri hutan belantara Kalimantan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Di tengah pandemi Covid-19, Polri terus mendedikasikan dirinya untuk masyarakat. Berbagai upaya terus dilakukan demi mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif dan membantu warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia dan Indonesia tiga bulan lalu, Polri sudah bergerak membagikan paket sembako. Kegiatan ini digelar sampai puncaknya pada Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Bhayangkara tanggal 1 Juli 2020 mendatang.

Berbagai cobaaan dan rintangan tak menyurutkan niat baik mereka meskipun harus menyusuri hutan belantara hingga ratusan kilometer. Mereka ingin memastikan jaring pengaman sosial itu tepat sasaran ke masyarakat.

Seperti yang dilakukan jajaran Polda Kalimantan Tengah (Kalteng). Personel kepolisian harus menyusuri hutan belantara Kalimantan untuk membagikan bantuan paket sembako bagi warga terdampak Covid-19. Tak jarang kendaraan yang membawa paket bantuan terperosok akibat sulitnya medan.

"Kami tidak melihat berapa jauh jarak yang kami tempuh. Prinsipnya, kami ingin memastikan bantuan pemerintah ini tepat sasaran pada mereka yang membutuhkan," ujar Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo, Minggu (28/6/2020).

Dedi juga memimpin langsung pembagian ribuan paket sembako tersebut. Waktu yang dibutuhkan untuk membawa bantuan itu sampai ke tangan warga mencapai tiga hingga empat hari.

Selain sembako, Polda Kalteng juga memberikan alat pemadam kebakaran untuk warga agar dapat membantu aparat mencegah potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Kami juga memberikan edukasi dan sosialisasi secara persuasif kepada masyarakat mengenai pentingnya kedisiplinan protokol kesehatan dalam memutus mata rantai penyebaran virus itu," kata mantan Karo Penmas Divisi Humas Polri ini.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, perayaan HUT ke-74 Bhayangkara ini digelar di tengah pandemi Covid-19. Karena itu, Polri memutuskan untuk menguatkan program kemanusiaan bagi warga Indonesia yang terdampak pandemi.

Program itu di antaranya, pemberian bantuan paket sembako dan donor darah. Kemudian, pencegahan karhutla dan menciptakan ketahanan pangan nasional serta kegiatan sosial lainnya.

"Pada prinsipnya Polri bersama TNI akan terus hadir di tengah masyarakat di masa pandemi Covid-19. Selain penegakan hukum, kami juga fokus dalam program kemanusiaan lainnya sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk membantu warga yang terdampak pandemi Covid-19," kata Argo Yuwono.


Editor : Maria Christina