Kebun Sawit Bupati Pidie Jaya Diacak-acak Gajah Liar

Jamal Pangwa · Jumat, 20 November 2020 - 13:00:00 WIB
Kebun Sawit Bupati Pidie Jaya Diacak-acak Gajah Liar
Kebun sawit dirusak gajah liar di Pidie Jaya, Aceh (Foto: iNews/Jamal Pangwa)

PIDIE JAYA, iNews.id - Kebun sawit milik Bupati Pidie Jaya, Aiyub diacak-acak gajah liar. Petani kebun di kawasan Cubo, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh pun khawatir dengan gangguan dua gajah liar tersebut.

Kepala Desa Cubo, Zulfikar mengatakan, sebelumnya telah menggiring gajah ke hutan. Tetapi, mereka kembali ke perkebunan. Lokasi pertama yang dirusak yakni milik Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas. Hampir semua tanaman sawit yang masih muda dimakan kawanan gajah liar itu.

"Gajah liar ini pertama kali turun langsung kekebun bupati,namun yang dirusak pohon sawit, karena yang ditanam bupati hanya sawit di dalam nya, kini warga pun sangat was was untuk berkebun karena takut jumpa dengan gajah itu," ucap Zulfikar, Jumat (20/11/2020).

Selanjutnya, kawanan gajah liar itu terus merusak kebun milik warga yang ditanami pohon pinang, pisang, sawit dan kelapa. Kehadiran dua gajah jantan di perkebunan warga diperkirakan hampir sepekan terakhir.

Selain itu, pihaknya berharap agar pihak berwenang supaya melakukan upaya pengusiran gajah gajah liar itu ke habitatnya. Warga saat ini takut ke kebun.

"Kami beberapa hari lalu sudah mengupayakan pengusiran dengan pihak BKSDA, namun gajah-gajah liar itu tak mau kembali ke habitatnya," kata Zulfikar.

Sementara itu, Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas, saat dikonfirmasi membenarkan kebun miliknya kini dirusak kawanan gajah liar selama sepekan terakhir. Dia menuturkan kebun sawitnya bukan pertama kali ini dirusak kawanan gajah, tapi sudah kedua kalinya.

Namun dia berencana akan mencari solusi untuk melakukan upaya pengusiran gajah liar di kawasan Pidie Jaya, Aceh. Ada dua titik yang terus dirusak gajah liar itu yakni di kebun milik warga di kawasan Lhok Sandeng, Kecamatan Meurah Dua dan Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, Aceh.

Editor : Nani Suherni