Gajah Liar Ditemukan Mati Terjerat Perangkap Babi di Pidie Aceh

Jamal Pangwa · Rabu, 09 September 2020 - 21:21:00 WIB
Gajah Liar Ditemukan Mati Terjerat Perangkap Babi di Pidie Aceh
Seekor gajah jantan ditemukan mati di perkebunan warga Pidie, Aceh. (Foto: iNews/Jamal Pangwa)

PIDIE, iNews.id - Seekor gajah liar jantan ditemukan mati di kebun milik warga kawasan Gle Cut, Gampong Tuha Lala, Kecamatan Mila, Kabupaten Pidie, Aceh, Rabu (9/9/2020).

Matinya gajah itu diduga akibat terkena perangkap babi yang mengunakan aliran listrik di kebun cabai milik warga setempat.

Satwa dilindungi itu diduga memisahkan diri dari kawanan gajah liar lainnya yang masuk ke kebun warga. Nahas, hewan berbelalai panjang itu terperangkap jeratan babi aliran listrik yang dipasang pemilik kebun.

Kepala Desa Tuha Lala, A Karim mengatakan, puluhan gajah liar itu selama ini berkeliaran di perkebunan warga, bahkan masih dalam proses pengusiran dengan mengunakan mercon.

“Gajah ini ditemukan mati pagi tadi sekitar pukul 10.00 WIB oleh pemilik kebun cabai. Gajah liar ini mati akibat terkena jeratan babi yang dipasang warga,” katanya.

Dia menduga gajah jantan itu diduga memisahkan diri dari rombongannya yang menuju ke area persawahan. “Lokasi matinya gajah ini di dalam kebun cabai sekitar 500 meter dari permukiman,” ujarnya.

Dia menambahkan, selama ini kawanan gajah liar yang berkeliaran ada sekitar 40an ekor yang masih bertahan di kawasan hutan Mila.

Editor : Kastolani Marzuki