Karhutla di Nunukan Kaltara, 38 Personel Gabungan Diturunkan Padamkan Api

Irfan Ma'ruf ยท Minggu, 09 Februari 2020 - 02:01 WIB
Karhutla di Nunukan Kaltara, 38 Personel Gabungan Diturunkan Padamkan Api
Tim gabungan berusaha memadamkan karhutla di Kelurahan Mansapa, Kecamatan Nunukan Selatan, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), Sabtu (8/2/2020). (Foto: iNews/BNPB)

NUNUKAN, iNews.idKebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Kelurahan Mansapa, Kecamatan Nunukan Selatan, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), Sabtu (8/2/2020). Luas hutan dan lahan yang terbakar mencapai 3,2 hektare (ha).

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo mengatakan, personel gabungan dari lintas institusi berhasil memadamkan kebakaran pada Sabtu sore. Tim gabungan yang memadamkan karhutla berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri, dan Polisi Hutan.

“Sebanyak 38 personel, masing-masing dari BPBD 24 personel, TNI 3 persone, Polri 1 personel dan Polisi Hutan 10 personel, bekerja sama di lapangan untuk memadamkan karhutla,” kata Agus Wibowo dalam siaran pers yang diterima, Sabtu.

Agus mengatakan, 3,2 ha hutan dan lahan yang terbakar berada di lahan kosong dekat perkebunan milik warga. Kepemilikan lahan masih dalam investigasi pihak berwenang. “Kebakaran yang terjadi pada pukul 13.50 waktu setempat berhasil dipadamkan pada 16.45 Wita,” kata Agus.

Karhutla terjadi di wilayah tersebut sejak awal Januari. Apabila dihitung sejak 17 Januari 2020 lalu, total luas lahan yang terbakar sudah mencapai 50 ha di wilayah itu.
Agus Wibowo menjelaskan, personel gabungan yang bekerja di lokasi terbakar didukung oleh peralatan dan perlengkapan seperti 1 unit mobil operasional milik BPBD dan dua unit mobil pemadam kebakaran. Kemudian, enam unit pompa air portable dan empat unit alat pemukul api.

“Ranting pohon pun juga digunakan oleh beberapa personel untuk memadamkan api,” kata Agus.


Editor : Maria Christina