Kapal China Masih Bertahan di Natuna, TNI Tambah Kekuatan

Gusti Yennosa ยท Senin, 06 Januari 2020 - 17:05:00 WIB
Kapal China Masih Bertahan di Natuna, TNI Tambah Kekuatan
Kapal Coast Guard China Diusir KRI (Foto: Dokumentasi Bakamla RI)

BATAM, iNews.id - Pasukan gabungan TNI terus melakukan operasi di wilayah perairan Natuna. Hal ini karena kapal coast guard China dan kapal asing pencuri ikan tidak mau mundur dari perairan Indonesia.

Sampai saat ini, TNI terus memperkuat pengamanan, tepatnya diperairan zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia di Natuna.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan, Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono menegaskan, patroli gabungan dilakukan dan disiagakan 24 jam tanpa batas waktu.

BACA JUGA: Dijaga TNI, Nelayan Natuna Tak Lagi Takut Melaut

"Kita tidak ada batas waktu karena ini sudah jadi operasi sehari-hari yang kita gelar di Laut Natuna karena kerawanan di situ, kita fokuskan dan tambah perkuatannya saja," ujarnya, Senin (6/1/2020).

Yudo menjelaskan, pihak TNI terus melakukan komunikasi aktif dengan kapal coast guard China. Namun pendekatan persuasif tidak diindahkan karena pihak China menganggap aktivitas mereka legal.

"Mereka tetap bertahan bahwa dia melakukan kegiatan ilegal sesuai keingian dia. Ya menurut dia mereka legal dan mendampingi kapal-kapal yang sedang melakukan penangkapan ikan," ucapnya.

BACA JUGA: Lima KRI Amankan Perairan Natuna, Seluruh Kapal Asal China Diusir

TNI hari ini kembali menurunkan armada tambahan kapal perang sebanyak 3 unit, sehingga total armada kapal perang berjumlah 8 unit.

Yudo juga menyampaikan, jika kapal coast guard China tetap bertahan, TNI akan melakukan tindakan operasi penegakan hukum internsional.


Editor : Nani Suherni