Kapal Asing Manfaatkan Pergantian Penjagaan untuk Menyusup ke Laut Natuna

Antara ยท Selasa, 07 Januari 2020 - 17:52 WIB
Kapal Asing Manfaatkan Pergantian Penjagaan untuk Menyusup ke Laut Natuna
Kapal Coast Guard China Diusir KRI (Foto: Dokumentasi Bakamla RI)

BATAM, iNews.id - Momen pergantian penjagaan petugas rupanya sengaja dimanfaatkan kapal asing untuk memasuki wilayah Indonesia. Bupati Natuna Kepulauan Riau Hamid Rizal mengatakan jeda saat petugas menuju lokasi Laut Natuna menjadi celah bagi kapal asing.

Dia menjelaskan, selama ini aparat keamanan telah menjaga wilayah perbatasan secara bergantian. Jeda untuk pergantian kapal penjagaan sebenarnya tidak lama, hanya belasan jam. Namun, jarak untuk mencapai Laut Natuna terbilang cukup jauh.

BACA JUGA: Kapal China Bertahan, Presiden Jokowi Dijadwalkan Terbang ke Natuna

"Karena dari sini ke sana paling cepat 10 jam. Selama ini mereka menunggu di luar perbatasan. Begitu jeda ini masuk," kata Hamid Rizal di Natuna, Selasa (7/1/2020).

Hamid meminta agar pengawasan perbatasan dilakukan terus menerus, tanpa jeda, sehingga tidak kesempatan bagi kapal asing masuk ke perairan Natuna.

BACA JUGA: 4 Pesawat F-16 Meluncur Amankan Laut Natuna

Dia menambahkan, nelayan Natuna melaut hanya menggunakan kapal kecil dengan muatan 3 sampai 4 ton. Sementara kapal asing menggunakan kapal besar dengan kapasitas di atas 30 GT.

"Jangan nelayan asing saja yang dikawal coast guard. Supaya kapal perang kita, coast guard, Bakamla senantiasa berada di perbatasan agar nelayan tidak ragu mencari nafkah mencari ikan di Laut Natuna Utara," ujarnya.


Editor : Nani Suherni