Kampung Adat Umbu Koba Sumba Barat Daya Terbakar, 1 Orang Tewas

dionisius umbu ana londu · Minggu, 27 September 2020 - 18:16 WIB
Kampung Adat Umbu Koba Sumba Barat Daya Terbakar, 1 Orang Tewas
Kampung adat di Sumba Barat Daya, NTT ludes terbakar, Minggu (27/9/2020). (Foto: iNews/Dionisius)

SUMBA BARAT, iNews.id – Puluhan rumah di Kampung Adat Umbu Koba, Kecamatan Wewewa Selatan, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT) ludes terbakar, Minggu (27/9/2020). Akibat kebakaran tersebut, satu orang tewas.

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah  (BPBD) Sumba Barat Daya, Agustinus Pandak mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 14.00 WIB.

“Peristiwa kebakaran itu terjadi sekira pukul dua siang tadi.  Informasinya ada 32 rumah adat yang terbakar dari sekitar 35 rumah di sana. Ini saya dan tim BPBD lagi meluncur ke lokasi,” katanya.

Agustinus mengatakan, informasi awal yang diperoleh menyebutkan adanya satu korban jiwa dalam musibah itu. “Ada inforamsi satu korban jiwa dalam peritiwa itu, hanya saya belum bisa pastikan korbannya laki-laki atau perempuan,” ucapnya.

Terkait penyebab kebakaran, Agustinus mengaku belum bisa menyebutkan karena belum berada di lokasi. “Nanti ya, setelah tiba di lokasi. Sementara ini, kita akan menyalurkan bantuan emergency bagi para musibah kebakaran,” ujarnya.

Diketahui, Kampung Adat Umbu Koba sendiri merupakan salah satu kampung tua di Sumba Barat Daya bahkan Pulau Sumba. Di kampung ini masyarakat masih memegang teguh nilai – nilai dan tradisi adat warisan leluhur. Benda-benda adat yang terkaait dengan kepercayaan Marapu (Kepercayaan asli masyarakat Sumba) masih tersimpan di rumah – rumah adat ini.


Editor : Kastolani Marzuki