Jokowi Targetkan Pembangunan 30 Jembatan Putus di Lebak Rampung 4 Bulan

Okezone, Rasyid Ridho ยท Selasa, 07 Januari 2020 - 18:18 WIB
Jokowi Targetkan Pembangunan 30 Jembatan Putus di Lebak Rampung 4 Bulan
Presiden Joko Widodo meninjau ke lokasi banjir di Kecamatan Lebak Gedong, Lebak, Banten (Foto: Okezone)

LEBAK, iNews.id - Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (1/1/2020) merusak 30 jembatan di enam wilayah kecamatan.

Memantau kondisi pascabanjir di Lebak, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan 30 jembatan yang putus dibangun dalam waktu tiga hingga empat bulan.

"Tadi dilaporkan ada 30 jembatan penting, yang menghubungkan antardesa, antarwilayah ini agar minta segera bisa diselesaikan. Tadi saya sudah perintah ke Menteri PUPR agar dalam tiga empat bulan semuanya sudah diselesaikan," ujar Jokowi usai meninjau banjir bandang di Kecamatan Lebak Gedong, Lebak, Selasa (7/1/2020).

BACA JUGA: Banjir Bandang Lebak Dipicu Tambang Ilegal, Jokowi: Tindak Tegas Penambang Liar!

Jokowi menjelaskan, dua jembatan akan dibangun kembali oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, sementara sisanya akan digarap pemerintah pusat.

"Yang di sini (Lebak) sama ada jembatan dua yang disiapkan (dibangun) gubernur, tapi sisanya akan dikerjakan oleh pusat," ujarnya.

Jokowi juga meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berkoordinasi dengan Kementerian PUPR memperbaiki 19 sekolah yang rusak.

BACA JUGA: Aksi Nekat Siswa dan Guru di Lebak Seberangi Sungai Demi ke Sekolah

"Saya sudah perintahkan juga Kementerian Pendidikan dan PU agar segera diperbaiki," ujarnya.

Sementara untuk 1.410 unit rumah yang rusak, Jokowi meminta warga untuk direlokasi ke lokasi yang lebih aman dan layak.

"Apa memungkinkan untuk direlokasi karena memang melihat banjirnya besar sekali di lokasi, lahannya di mana nanti bupati yang akan sampaikan," ucap Jokowi.


Editor : Nani Suherni