Jelang Pelarangan Mudik, Pengawasan Pelabuhan Merak Mulai Lengah

Iskandar Nasution ยท Rabu, 05 Mei 2021 - 10:41:00 WIB
Jelang Pelarangan Mudik, Pengawasan Pelabuhan Merak Mulai Lengah
Kondisi Pelabuhan Merak masih ramai jelang pemberlakuan larangan mudik

BANTEN, iNews.id - H-1 pemberlakuan larangan mudik, pengawasan di Pelabuhan Merak, Banten, mulai lengah. Setidaknya pada Rabu (5/5/2021) dini hari,  banyak penumpang yang tidak mengikuti tes genose bisa melintas dan menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung. 

"Alhamdulilah lancar. Tidak ada tadi tes genose," kata salah satu penumpang, Reza.

Sejauh ini, Dermaga Penyeberangan Merak, Banten, masih dipenuhi pemudik menuju Sumatera. Mereka menggunakan kendaraan roda dua, roda empat, maupun angkutan truk.

Reza merupakan supir yang mengangkut logistik dari Depok menuju Lampung. Dia merasa senang bisa melewati pemeriksaan genose karena tidak menghambat perjalanannya.

Situasi ini tentunya amat disayangkan. Seharusnya pengamanan di Pelabuhan Merak, pada masa menjelang diberlakukannya pelarangan mudik tetap diperketat.

Data dari PT ASDP Indonesia Ferry cabang utama Merak menyebutkan, tercatat 13.115 penumpang yang terdiri dari penumpang pejalan kaki dan di dalam kendaraan telah diangkut dan diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni. Sementara untuk jumlah mobil dan sepeda motor sekitar 1.500 unit lebih telah melintas dari pelabuhan ini.

Editor : Erwin Sihombing