Jambi Terima Bantuan 24,8 Ton Oksigen, Kapolda: Ketahanan Stok Kita sampai 2 Hari

Azhari Sultan · Sabtu, 07 Agustus 2021 - 14:35:00 WIB
Jambi Terima Bantuan 24,8 Ton Oksigen, Kapolda: Ketahanan Stok Kita sampai 2 Hari
Suasana penyaluran bantuan 24,8 ton oksigen ke Pemprov Jambi. (Foto: Istimewa)

JAMBI, iNews.id - Polda Jambi menyerahkan bantuan 24,8 ton oksigen likuid dari Tanoto Foundation ke Pemerintah Provinsi Jambi. Penyerahan berlangsung di depan Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (7/8/2021).

"Sudah lebih dari tiga minggu ini, kita bekerja lebih, ekstra capek. Kita menambah oksigen dari kondisi kekurangan. Di sini kita ada satgas oksigen yang dikomandoi Dirlantas, Dirintel dan Dirkrimsus yang akan menghitung alokasi oksigen di rumah sakit," ujar Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

Dia menjelaskan, saat ini stok oksigen di Jambi dalam posisi aman. Ada empat indikator untuk memantau ketersediaan stok. Yakni warna hijau, artinya ketahanan oksigen di rumah sakit bisa lebih dari lima hari. Kemudian kuning, ketahanan oksigennya bisa mencapai tiga hari. Lalu oranye, ketahanan bisa mencapai lebih dari dua hari.

"Terakhir warna merah, ketahanan oksigennya hanya satu hari. Alhamdulillah Jambi beberapa hari ini warnanya oranye, jadi ada ketahanan oksigen dua hari," kata Rachmad, Sabtu (7/8/2021).

Dia mengungkapkan, saat ini di Jambi terdapat 6 filling station. Sementara liquid-nya tidak ada yang berasal dari Jambi. Semua berasal dari luar daerah sebab tidak ada pabrik likuid di Jambi.

"Kita menggantungkan nasib likuid dari Dumai. Sedangkan Dumai sekarang tidak suplai Jambi lagi, namun untuk Riau dan Sumatra Barat. Kemudian dari Sumsel ternyata itu pun tidak untuk Jambi lagi, tapi ke Lampung dan Jawa. Suplai likuid di Jambi ini dari Tangerang," katanya.

Kapolda berharap, pengiriman likuid hingga ke Jambi dalam keadaan aman dan lancar. Bahkan pengiriman juga dikawal ketat aparat agar sampai tepat waktu.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: