Jaksa Agung Burhanuddin ke Kejati Banten, Ingatkan Anak Buah Jangan Nakal Tangani Perkara

Okezone, Rasyid Ridho ยท Senin, 10 Februari 2020 - 16:01 WIB
Jaksa Agung Burhanuddin ke Kejati Banten, Ingatkan Anak Buah Jangan Nakal Tangani Perkara
Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin saat mengunjungi Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten, Senin (10/2/2020). (Foto: Okezone)

SERANG, iNews.idJaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin mengingatkan kepada anak buahnya agar bekerja sungguh-sungguh saat mengunjungi Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten, Senin (10/2/2020). Para jaksa diminta tidak "nakal" dan bermain saat menangani perkara.

“Yang pasti, ngajak jaksa jangan melakukan hal hal negatif, perbuatan-perbuatan tercela,” kata Burhanuddin kepada wartawan di Kantor Kejati Banten Jalan Raya Serang-Pandeglang, Kota Serang, Senin (10/2/2020).

Dalam kunjungannya di Banten, ada tiga lokasi yang didatangi Burhanuddin. Selain Kejati Banten, dia mengunjungi Kejari Serang dan Kejari Cilegon. Kunjungan Burhanuddin didampingi Jaksa Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) Feri Wibisono.

Burhanuddin juga meminta kepada para Kejati, Kejari se-Provinsi Banten untuk lebih mengawasi kinerja para jaksa. Hal ini penting agar tidak ada lagi jaksa yang terjerat kasus hukum saat mengerjakan sebuah perkara.

“Saya minta para kejari untuk lebih mengawasi para jaksanya. (Kalau ada), pasti kena sanksinya dan itu sudah ada aturannya,” katanya.

Menurut dia, penangkapan jaksa selama ini mesti menjadi pelajaran penting agar kejadian serupa tak terulang lagi. Apalagi, institusi kejaksaan sedang serius membersihkan para jaksa nakal.

Burhanuddin juga menyinggung penanganan pidana khusus, terutama kasus-kasus korupsi di Banten. Upaya pencegahan dengan penindakannya harus seimbang.

“Saya sudah sering katakan untuk pidana khusus harus balance antara pencegahan dan penindakan,” ujar Burhanuddin.


Editor : Maria Christina