Izin Habis, 3 Pucuk Senpi Anggota Polres Serang Ditarik

Teguh Mahardika ยท Kamis, 04 Maret 2021 - 22:30:00 WIB
Izin Habis, 3 Pucuk Senpi Anggota Polres Serang Ditarik
Pemeriksaan senpi anggota Polres Brebes usai menggelar apel di halaman Mapolres, Rabu (3/3/2021). (iNews/Yunibar)

SERANG, iNews.id - Polres Serang menggelar pemeriksaan senjata api (senpi) dan pemeriksaan urine para personel, Kamis (4/3/2021). 

Dari pemeriksaan itu, tiga senpi ditarik lantaran surat izin membawa dan menggunakan senjata api telah habis. 

Sedangkan tes urine terhadap 46 anggota yang diperiksa secara acak, dinyatakan negatif narkoba. 

Kapolres Serang AKBP Mariyono mengatakan, pemeriksaan senpi untuk memastikan pemegang senpi memiliki izin yang masih berlaku serta kondisi senpi layak digunakan.

Sedangkan untuk pemeriksaan urine, untuk memastikan personel tidak mengkonsumsi narkoba yang menjadi atensi serius pimpinan Kepolisian. 

Kapolres menyebutkan, ada 104 senpi anggota yang dirazia. Dari hasil cek fisik dan kelengkapan surat itu, tiga senpi harus ditarik karena masa izin pegang senjata sudah habis. 

"Ada 3 senpi yang ditarik Provoos, karena surat senjata api masa berlaku habis," katanya. 

Menurut Mariyono, pengecekan dan kebersihan serta kelengkapan administrasi, senjata api yang dipegang personel jajaran Polres Serang merupakan intruksi langsung dari Kapolri melalui Kapolda Banten.  

"Kita harus pastikan senjata api yang di pegang benar-benar bersih dan kelengkapan suratnya tidak mati apabila ditemukan akan dilakukan penyitaan," ujar Kapolres didampingi Kasubdit Provoos Bidang Propam AKBP Amin Priyanto. 

Mariyono mengungkapkan, penertiban senjata api itu juga untuk mengontrol anggota pemegang senpi. Hal ini untuk meghindari penyalahgunaan penggunaan senjata api hingga menimbulkan korban jiwa. 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2