Insiden Helikopter Jatuh, 1 Tewas, 6 Pekerja Tiongkok Selamat

Yoanes Litha, Antara ยท Jumat, 20 April 2018 - 13:38:00 WIB
Insiden Helikopter Jatuh, 1 Tewas, 6 Pekerja Tiongkok Selamat
Lokasi jatuhnya helikopter di area tambang PT IMIP, di Morowali telah dipasangi garis polisi, Jumat (20/4/2018). (Foto: iNews/Yoanes Litha)

MOROWALI, iNews.id – Sedikitnya, satu orang dilaporkan tewas dalam insiden jatuhnya helikopter milik PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Morowali, Sulawesi Tengah, Jumat (20/4/2018). Korban tewas merupakan karyawan tambang yang tertimpa helikopter yang jatuh tersebut. Sementara, enam pekerja warga negara asing (WNA) asal Tiongkok yang merupakan penumpang helikopter dilaporkan selamat.

Helikopter nahas itu terjatuh lima menit setelah lepas landas menuju Kendari Sulawesi Tenggara. Informasi sementara yang dihimpun menyebutkan, pada awal mulanya helikopter tersebut lepas landas pada pukul 9.15 Wita. Namun dua menit kemudian helikopter yang ditumpangi enam pekerja Tiongkok dan dua orang kru itu, berbalik arah kembali ke landasan helipad PT IMIP.

Nahas, beberapa saat sebelum tiba di landasan, helicopter malah jatuh dan menimpa karyawan benama Aris Heni Irawan (23) yang kemudian meninggal di tempat.

Petugas TNI/Polri yang berada di sekitar lokasi tersebut kemudian bergerak melakukan pertolongan dibantu warga masyarakat lainnya. Para penumpang helikopter kemudian dibawa untuk mendapatkan perawatan di klinik PT. IMIP. Sesaat kemudian, tiga di antara penumpang tersebut dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Morowali menggunakan ambulans.

Humas PT IMIP Dedi Kurniawan, membenarkan terjadinya kecelakaan yang menimpa helikopter yang sedang mengangkut tenaga kerja asing itu. Hingga saat ini belum diketahui apa penyebab kecelakaan itu. Dedi mengatakan, pihak perusahaan masih berkoordinasi dengan komite nasional keselamatan transportasi (KNKT). "Kurang lebih 100 meter dari helipad, tiba-tiba helikopter itu jatuh," ujar Dedy.

 Berikut identitas dan kondisi terbaru dari para penumpang helikopter yang jatuh itu:

Kru :

  1. Rudi, (42) (kapten I) (luka dalam).
  2. Deliati Hasiolan Gulo (kapten II) (luka patah pada lengan kanan, luka sobek pada bagian kening).

Penumpang:

  1. Xi Lai Wang, (56) (luka ringan).
  2. Yan Yun, (32) (luka ringan).
  3. Di Yi Fei, (28) (luka ringan).
  4. Guan Kejang (tidak terluka).
  5. Zhao Yipu (tidak terluka).
  6. Du Gui (tidak terluka).


Sejauh ini, pihak kepolisian setempat telah memasang garis polisi di lokasi kecelakaan helikopter tersebut. Sementara bangkai helikopter belum dievakuasi dari lokasi kejadian.

Editor : Himas Puspito Putra