Harimau Sumatera Dilepasliarkan ke Taman Nasional Gunung Leuser

Ichdar Ifan , Antara ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 19:30 WIB
Harimau Sumatera Dilepasliarkan ke Taman Nasional Gunung Leuser
Harimau Sumatera betina yang sebelumnya masuk perangkap dilepasliarkan kembali ke kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh Selatan. (Foto: Antara)

BANDA ACEH, iNews.id - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh melepasliarkan seekor harimau Sumatera (panthare tigris sumatrae) ke kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Harimau yang dilepasliarkan tersebut merupakan harimau yang masuk perangkap pada 15 Juni 2020 lalu.

"Harimau tersebut dilepasliarkan pada Sabtu (20/6) di Gunung Leuser setelah sebelumnya masuk perangkap BKSDA di Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan," kata Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto, Selasa (23/6/2020).

Dia menyebutkan, harimau yang dilepasliarkan tersebut berjenis kelamin betina dan usia diperkirakan empat tahun. Pelepasliaran ke habitatnya tersebut merupakan upaya menyelamatkan satwa dilindungi.

Menurut Agus Arianto, pemasangan perangkap terhadap harimau tersebut karena selama ini sering berkonflik dengan penduduk di beberapa tempat di Kabupaten Aceh Selatan.

"Selain itu, dari hasil analisis tim di lapangan termasuk melihat rekaman kamera pemantauan, harimau tersebut mengalami gangguan kesehatan," kata Agus Arianto.

Setelah memastikan kondisi kesehatan harimau tersebut pulih, tim melepasliarkan satwa dilindungi tersebut ke kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.

"Kami mengajak masyarakat ikut berpartisipasi menjaga kelestarian habitat harimau sumatera. Jika ada gangguan harimau, segera hubungi BKSDA untuk dilakukan upaya-upaya penyelamatan terhadap satwa yang terancam punah tersebut," kata Agus Arianto.

Seekor harimau Sumatera yang meresahkan warga dan memangsa ternak di Aceh Selatan sejak sebulan terakhir berhasil masuk perangkap yang dipasang tim Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Selatan, Senin (15/6/2020).

Harimau Sumatera betina yang diperkirakan berumur 3-4 tahun itu sebelumnya meneror warga Desa Jambo Dalem, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan. 

Harimau tersebut berhasil masuk perangkap yang sebelumnya diberi umpan kambing oleh tim BKSDA. Binatang buas dilindungi itu kemudian dievakuasi setelah dilakukan pembiusan. 


Editor : Kastolani Marzuki