Dipancing Kambing, Harimau Sumatera Masuk Perangkap di Aceh Selatan

Ichdar Ifan · Senin, 15 Juni 2020 - 22:24 WIB
Dipancing Kambing, Harimau Sumatera Masuk Perangkap di Aceh Selatan
Seekor harimau Sumatera betina berusia tiga tahun masuk perangkap BKSDA Aceh Selatan. (Foto: iNews/Ichdar Ifan)

ACEH SELATAN, iNews.id - Seekor harimau Sumatera yang meresahkan warga dan memangsa ternak di Aceh Selatan sejak sebulan terakhir berhasil masuk perangkap yang dipasang tim Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Selatan, Senin (15/6/2020).

Harimau Sumatera betina yang diperkirakan berumur 3-4 tahun itu sebelumnya meneror warga Desa Jambo Dalem, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan. 

Harimau tersebut berhasil masuk perangkap yang sebelumnya diberi umpan kambing oleh tim BKSDA. Binatang buas dilindungi itu kemudian dievakuasi setelah dilakukan pembiusan. 

“Harimau Sumatera ini diperkirakan berumur tiga tahun dengan panjang sekitar 2,7 meter berjenis kelamin betina. Kondisinya dalam keadaan sehat,” kata Kepala Resort BKSDA Aceh Selatan, Tapaktuan Wirly.

Dia menuturkan, tim sudah memasang perangkap yang diberi umpan kambing dan mendatangkan pawang. “Di hari ke-10 ini, akhirnya harimau itu berhasil masuk perangkap. DIpancing kambing, tidak sempat dimakan cuma dibunuh saja kambingnya,” katanya.

Dia menambahkan, harimau Sumatera itu selama sebulan terakhir ini masuk ke permukiman warga Jambo Dalem dan telah memangsa delapan ekor kambing. Keberadaan binatang tersebut juga membuat aktivitas warga terganggu. 


Editor : Kastolani Marzuki